Gurihnya Soto Tunjang Palembang Cocok untuk Makan Siang

Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:49 WIB
loading...
Gurihnya Soto Tunjang Palembang Cocok untuk Makan Siang
Foto/dok
A A A
PALEMBANG - Indonesia memiliki beragam jenis soto dengan rasa dan ciri khas tersendiri. Misalnya soto tunjang atau kaki sapi di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, yang sangat cocok untuk tempat makan siang.

Tempatnya sederhana, hanya seukuran lebar tiga meter memanjang ke belakang. Namun, warung soto ini dikenal bagi lidah pencinta soto di Palembang. Wajar setiap jam makan siang tempat ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai kalangan. Mulai dari karyawan swasta, para pegawai hingga lurah dan camat sering terlihat menikmati makan siang di tempat ini.

Penggunaan santan kental dan beragam rempah, membuat soto ini kaya rasa. Agar menambah kenikmatan saat menyantapnya, soto tunjang biasanya disajikan bersama pelengkap sesuai selera seperti emping hingga irisan jeruk nipis. (Baca: 5 Rahasia Memasak Nasi yang Tak Sekedar Matang)

Nikmatnya soto tunjang ini cocok disantap saat makan siang. Bagi penikmat soto tunjang atau kaki sapi di Palembang sudah sangat familier dengan tempat ini. KORAN SINDO berkesempatan mengunjungi sekaligus mencoba bersantap siang di tempat ini.

Praktis saat itu sedang ramai dan harus rela menunggu. Apalagi dalam kondisi menerapkan new normal yang harus menjaga jarak. Setelah menunggu beberapa lama, tempat duduk pun tersedia dan semangkuk soto tunjang dipesan.

Tak butuh waktu lama, walaupun sedang ramai, semangkuk soto hangat datang. Aroma yang khas dan menggoda dari santan yang berpadu dengan beragam rempah-rempah. “Satu kelebihan tempat ini, sikil-nya itu tidak kenyal, sangat lembut,” ujar Subhan, salah satu pengunjung, yang merupakan karyawan perusahaan penyedia jaringan internet nasional. (Baca juga: Mohon Tidak Panik, Kondisi Pasar Keuangan Sudah Membaik)

Sementara itu, menurut Anto, pengelola warung soto di Jalan KH Ahmad Dahlan ini, untuk mendapatkan tunjang yang lembut dibutuhkan waktu perebusan. Karena jika tunjang atau sikil-nya keras akan membuat pelanggan kecewa. “Percuma juga kuahnya enak, tapi ketika gigit tunjangnya tidak putus-putus,” ucapnya tertawa.

Di tempat ini terdapat dua pilihan soto, yakni soto tunjang dan soto ayam. Selain soto juga terdapat alternatif lain yakni sop, tentu tetap dengan tunjang atau ayam. Namun yang paling banyak dipesan untuk makan siang tentu soto tunjang.

Untuk mendapatkan kuah yang harum dan lezat, tumis bumbu halus dari berbagai rempah-rempah bersama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, cengkeh, dan kapulaga hingga harum. Kemudian santan dan berbagai bumbu lainnya, garam, lada, kaldu, dan gula. (Lihat videonya: Usai Memesan Minuman, Seorang Pengunjung Warkop Tiba-tiba Meninggal)

Dalam penyajian, selain potongan tunjang yang disiram kuah santan, soto ini juga dilengkapi tauge segar dan bawang goreng. Menggoda kan? Bagi penyuka kerupuk tersedia beberapa jenis lalapan seperti emping dan kerupuk khas Palembang. “Ciri khas di soto ini, kita harus sediakan potongan jeruk nipis dan kecap manis untuk penyuka manis,” sebutnya. (Berli Zulkanedi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6252 seconds (0.1#10.140)