Penulis Gobind Vashdev 15 Tahun Mandi Tak Pakai Sabun dan Sikat Gigi Tanpa Odol, Ini Alasannya

Minggu, 18 Juni 2023 - 09:45 WIB
loading...
Penulis Gobind Vashdev 15 Tahun Mandi Tak Pakai Sabun dan Sikat Gigi Tanpa Odol, Ini Alasannya
Gobind Vashdev belakangan ini mencuri perhatian gara-gara pengakuannya tidak pernah mandi menggunakan sabun. Foto/Tangkapan Layar YouTube Melaney Ricardo
A A A
JAKARTA - Sosok Gobind Vashdev belakangan ini mencuri perhatian gara-gara pengakuannya tidak pernah mandi menggunakan sabun. Pria yang berprofesi sebagai penulis itu mengatakan, sudah melakukan hal tersebut selama 15 tahun terakhir.

Saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Melaney Ricardo, Gobind mengaku selama ini hanya mandi dengan air. Hal itu kontan membuat Melaney tercengang. Bahkan Melaney pun menanyakan kepada Gobind masalah bau badan.

“Pernah bau ketek nggak? Sejauh ini aku nggak nyium bau apa pun ya. Makanya itu pertanyaan aku, kok kamu bisa nggak bau?” tanya Melaney yang membuat Gobind tertawa.

Gobind menjelaskan bahwa selama ini banyak orang salah kaprah tentang bau badan yang dianggap berasal dari keringat. Padahal, keringat sifatnya steril. Yang bikin bau adalah bakteri yang menempel pada kulit.



“Ada beberapa jenis kulit yang disukai bakteri sehingga dia berkembang dan ada juga yang tidak disukai bakteri, jadi sampai beberapa hari pun nggak bau,” terang Gobind, dikutip dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Minggu (18/6/2023).

Lebih lanjut Gobind menjelaskan, bakteri pada kulit identik dengan yang ada di usus. Bakteri di usus berkembang sesuai dengan makanan yang orang konsumsi.

“Kalaupun bau, bakteri berkembang, pasti berkembangnya di daerah itu aja. Untuk beresin itu juga nggak perlu pakai bahan kimia. Ada banyak bahan alami yang bisa mematikan bakteri. Jadi menurut saya gunakan itu saja,” jelasnya.

Gobind sampai saat ini juga tidak menggunakan pasta gigi untuk membersihkan mulutnya. Bahkan selama ini tidak ada masalah bau mulut yang dialaminya.



“Sebenarnya harus tahu dulu bau itu munculnya dari mana, gigi berlubang, peradangan, atau asam lambung? Jadi walaupun sudah gosok gigi tetep bau mulut. Saya berpikir hampir semua pasta gigi pakai detergen. Masuk akal nggak sih masukin deterjen ke mulut kita? Memang sih akan mematikan bakteri buruk, tapi protein atau zat yang melindungi gigi kita juga akan hilang,” bebernya.

Saat membersihkan mulut dan gigi, Gobind hanya berkumur dan menyikat gigi menggunakan garam.

“Jadi kalau habis makan ya kumur-kumur dengan air, minum air cukup sampai air seni jernih. Saya juga pakai minyak campuran VCO dan minyak wijen murni untuk kumur-kumur. Setelah itu kumur-kumur pakai air garam, selesai. Kalau mau sikat gigi ya pakai sikat giginya saja,” ujar Gobind.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2683 seconds (0.1#10.140)