4 Mitos Umum tentang Diet yang Harus Anda Tahu, Ini Fakta Sebenarnya

Kamis, 22 Juni 2023 - 16:01 WIB
loading...
4 Mitos Umum tentang Diet yang Harus Anda Tahu, Ini Fakta Sebenarnya
Diet merupakan cara menjaga pola makan dan konsumsi makanan agar tetap teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, atau memenuhi kebutuhan nustrisi pada tubuh. Foto Ilustrasi/Harvard Health
A A A
JAKARTA - Diet merupakan cara menjaga pola makan dan konsumsi makanan agar tetap teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, atau memenuhi kebutuhan nustrisi pada tubuh. Diet yang seimbang dan sehat dapat memberikan manfaat besar bagi tubuh serta kesejahteraan secara keseluruhan.

Dalam upaya mencapai kesehatan yang baik, banyak orang cenderung mencari informasi tentang diet. Pencarian mengenai informasi tersebut beberapa tidaklah benar alias mitos belaka. Dari banyaknya informasi yang salah tentang diet dan nutrisi, inilah 4 mitos umum tentang diet.

1. Minum Air Putih Sebabkan Berat Badan Bertambah

Mitos yang sering kali beredar adalah, minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Pada kenyataannya, anggapan ini tidak berdasar dan tak memiliki dasar ilmiah yang kuat.



Minum air putih sebenarnya merupakan bagian penting dari pola makan sehat dan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Minum air putih dapat menyebabkan kenaikan berat badan merupakan mitos yang tidak benar, karena air putih tidak memiliki kalori.

Maka itu, minum air putih tidak akan memberikan kontribusi kalori tambahan pada tubuh. Kenaikan berat badan terjadi ketika asupan kalori melebihi kebutuhan tubuh, bukan karena minum air putih. Karenanya, tidak ada alasan untuk khawatir bahwa minum air putih secara berlebihan bakal menyebabkan peningkatan berat badan.

Sebaliknya, saat meminum air putih, tubuh akan tetap terhidrasi serta mendukung fungsi tubuh yang optimal dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

2. Menghindari Asupan Karbohidrat

Menghindari asupan karbohidrat sepenuhnya adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Pernyataan ini merupakan mitos. Pada kenyataannya, karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh dan tidak harus sepenuhnya dihilangkan dalam diet.

Dengan adanya asupan karbohidrat akan membantu tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas fisik. Karbohidrat adalah sumber utama energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Menghindari karbohidrat sepenuhnya dapat membuat tubuh kekurangan energi dan menyebabkan kelelahan.

3. Jangan Makan Malam

Makan malam akan menyebabkan penambahan berat badan, namun kenyataannya tidak ada waktu khusus dalam sehari yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan berat badan. Yang penting adalah keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran energi secara keseluruhan.



Jumlahlah total kalori yang dikonsumsi sepanjang hari, bukan waktu spesifik seperti makan malam. Jika jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh, maka akan terjadi penambahan berat badan. Karena itu, penting untuk memperhatikan jumlah total kalori dalam pola makan harian termasuk makan malam.

4. Tidak Sarapan

Melewatkan sarapan adalah strategi efektif dalam diet dan penurunan berat badan, itu mitos. Namun, Karena faktanya, sarapan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan mendukung upaya penurunan berat badan.

Sarapan akan membantu mengaktifkan metabolisme tubuh setelah periode tidur yang panjang. Saat setelah sarapan, tubuh akan mulai memproses makanan dan membakar kalori untuk menghasilkan energi. Dengan demikian, sarapan dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh yang penting untuk proses penurunan berat badan. MG/Mutia Talitha Ramadhani
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)