Bacang Ayam Lebih dari Sekadar Kudapan, Coba Buat Yuk!

Minggu, 26 Juli 2020 - 07:03 WIB
loading...
Bacang Ayam Lebih dari Sekadar Kudapan, Coba Buat Yuk!
Tiap tanggal 6 bulan 5 dalam penanggalan China, masyarakat memperingati Festival Pechun, di mana setiap keluarga membuat dan makan bakcang bersama. Foto/YouTube Devina Hermawan
A A A
JAKARTA - Bacang, disebut juga bakcang atau zongzi, adalah makanan tradisional Tiongkok yang terbuat dari beras dengan isian beragam. Bakcang bukan sekadar kudapan, tapi juga bagian dari tradisi budaya masyarakat Tionghoa.

Tiap tanggal 6 bulan 5 dalam penanggalan China, masyarakat memperingati Festival Pechun, di mana setiap keluarga membuat dan makan bakcang bersama. Makanan ini tergolong unik karena berbentuk limas segitiga yang dibungkus daun bambu dan diikat tali. ( )

Baru-baru ini Chef Devina Hermawan melalui channel YouTubenya membagikan resep membuat bacang ayam. Resep tersebut bisa Anda coba di rumah untuk menjadi kudapan di hari libur akhir pekan ini. Berikut informasi detailnya.

Bahan:
2 gelas beras
3 gelas air
1 sdt garam
5 siung bawang merah halus
5 siung bawang putih halus
250 gr paha ayam fillet, cincang
100 gr jamur shitake
3 batang daun bawang
3 sdm saus tiram
3 sdm kecap asin
12 sdm kecap manis
1 sdm kaldu jamur
3 sdm bawang goreng
400 ml air
10 cabai rawit
50 ml minyak goreng

Bahan Pelengkap:
20 lembar daun bacang
Secukupnya tali rafia atau tali bambu

Cara Membuat:
1. Cuci bersih beras, tambahkan air dan garam, lalu masak setengah matang.
2. Panaskan minyak, tumis jamur hingga kering dan berubah warna. Tambahkan bawang merah dan bawang putih halus, tumis hingga wangi. Tambahkan irisan daun bawang, tumis sebentar.
3. Masukkan daging ayam , aduk.
4. Masukkan air, bumbui dengan kecap manis, kecap asin, saus tiram, dan kaldu jamur. Masak hingga air berkurang dan bumbu meresap.
5. Tambahkan bawang goreng, aduk rata. (Baca Juga: Ebi Furai, Makanan Populer Jepang yang Bisa Dibuat di Rumah )
6. Rebus daun bacang sebentar agar mudah dibentuk.
7. Siapkan dua lembar daun bacang. Hadapkan berlawanan lalu lipat berbentuk kerucut, isi dengan 2-3 sdm nasi, lalu bentuk cekungan dan tambahkan isian ayam.
8. Beri 1 cabai rawit. Tutup dengan 2 sdm nasi, lalu padatkan. Lipat daun bacang kerucut sama sisi, pastikan tidak bocor, kemudian ikat dengan tali rafia.
9. Siapkan air untuk merebus, masukkan bacang. Pastikan permukaan bacang terendam semua, lalu tutup. Rebus selama 1-2 jam, kemudian dinginkan.
10. Bacang siap disajikan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)