10 Obat Kolesterol Tinggi yang Alami dan Mudah Didapat, Nomor 6 Harus Rutin Dikonsumsi

Minggu, 25 Juni 2023 - 09:35 WIB
loading...
10 Obat Kolesterol Tinggi yang Alami dan Mudah Didapat, Nomor 6 Harus Rutin Dikonsumsi
Obat kolesterol tinggi yang alami dan mudah didapat sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang direkomendasikan. Foto/Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat kolesterol tinggi yang alami dan mudah didapat sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang direkomendasikan karena terbukti ampuh membasmi lemak jahat dalam tubuh.

Obat ini bahkan murah dan mudah didapat lantaran obat alami yang banyak ditemukan di dapur, atau ditanam di halaman rumah. Meski bisa dibeli tanpa resep, obat kolesterol ini terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Obat tersebut juga bisa dikonsumsi setiap hari dibarengi dengan gaya hidup sehat untuk hasil yang maksimal.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri.



Endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati.

Diet sehat, olahraga teratur, dan obat-obatan dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Berikut daftar obat kolesterol tinggi yang bisa dibeli tanpa resep seperti dilansir dari Healthline, Minggu (26/6/2023).

10 Obat Kolesterol yang Alami

1. Wortel

Konsumsi wortel secara teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Serat wortel sebagian besar adalah serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut University of Arizona College of Agriculture & Life Sciences, serat larut membantu dalam ekskresi asam empedu yang mengandung kolesterol.

2. Jahe

Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total. Jahe juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda bisa menambahkan jahe mentah ke dalam makanan, dan meminumnya sebagai suplemen atau bubuk.

3. Jus Apel

Jus apel mengandung senyawa polifenol yang bekerja mencegah oksidasi kolesterol jahat sehingga dapat menghambat penumpukan di pembuluh darah. Kolesterol jahat yang teroksidasi dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke.

4. Terong

Terong kaya akan serat. 100 gram terong mengandung 3 gram serat. Asosiasi Jantung Amerika (AHA) menunjukkan, serat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Terong juga mengurangi risiko pengembangan penyakit jantung, stroke, obesitas dan diabetes tipe 2.

5. Kunyit

Studi yang dilakukan pada kelinci yang diberi diet tinggi lemak menunjukkan bahwa kunyit menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta mencegah kolesterol jahat teroksidasi, yang mana telah terbukti berkontribusi pada pembentukan aterosklerosis. Efek penurun kolesterol kunyit tetap konsisten dalam penelitian ini.

6. Alpukat

Jenis buah yang satu ini kaya akan vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

7. Okra

Okra adalah sayuran yang dibudidayakan orang di seluruh dunia. Para peneliti telah menemukan bahwa gel dalam okra yang disebut mucilage dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikatnya selama pencernaan. Ini membantu kolesterol meninggalkan tubuh melalui feses.

8. Daun Salam

Daun salam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal mengenai ini pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik.

9. Bawang Putih

Bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol. Meski demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih, tak lantas akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Masih ada perdebatan di antara para peneliti terkait bawang putih sebagai herbal penurun kolesterol.

10. Ketumbar

Ketumbar menambah kesegaran, rasa, dan warna pada makanan apa pun. Ketumbar adalah diuretik yang akan membuang limbah dan bahkan kolesterol berlebih.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)