5 Cara Cepat Mengatasi Asam Urat, Nomor 4 Paling Penting dan Sederhana

Minggu, 25 Juni 2023 - 14:01 WIB
loading...
5 Cara Cepat Mengatasi Asam Urat, Nomor 4 Paling Penting dan Sederhana
Cara cepat mengatasi asam urat wajib diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki keluhan gangguan kesehatan akibat pola hidup kurang sehat ini. Foto/Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara cepat mengatasi asam urat wajib diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki keluhan gangguan kesehatan akibat pola hidup kurang sehat.

Diketahui, asam urat merupakan salah satu penyakit yang umum dirasakan oleh orang tua atau lanjut usia (lansia). Namun, untuk mengatasinya ada beragam cara, mulai dari minum obat sampai yang alami.

Kondisi umum asam urat ditandai dengan serangan rasa sakit tiba-tiba dan parah, seperti pembengkakan, kemerahan dan nyeri pada satu atau lebih persendian, dan itu paling sering di jempol kaki.

Lantas bagaimana cara cepat mengatasi asam urat tersebut? berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (25/6/2023).


5 Cara Cepat Mengatasi Asam Urat

1. Obat di Apotek

Obat antinyeri golongan NSAID jadi salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi pada penderita asam urat.

Contohnya, Ibuprofen adalah salah satu obat antinyeri bisa Anda gunakan. Selain itu, masih ada seperti allopurinol dan Colchicine, dll bisa didapatkan tanpa resep dokter.

2. Minum kopi

Bagi anda penderita asam urat, ternyata minum kopi dapat membantu menurunkan risikonya loh.

Sebagaimana dilansir Verywell dari tinjauan studi tahun 2015 menemukan pada pria yang minum 4 hingga 5 cangkir kopi per hari memiliki 40% penurunan risiko asam urat.

Sementara mereka minum 6 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 59% lebih rendah, jika dibandingkan tanpa kopi.

3. Oleskan kunyit

Bukan hanya untuk diminum, kunyit pun juga bisa anda coba untuk mengatasi asam urat dengan cepat. Ini berkat kandungan curcumin di kunyit, sebagai antiradang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Pilihan lainnya adalah membuat pasta kunyit. Dengan mengambil bubuk kunyit di dapur, campurkan 1 hingga 2 sendok makan yogurt, madu mentah, atau minyak kelapa dengan 1 sendok teh kunyit. Oleskan pasta pada sendi yang terkena dan bersihkan setelah 10 hingga 15 menit.

4. Air minum

Jangan salah air minum memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, bukan hanya menghilangkan dahaga tapi juga bisa atasi asam urat.

Sebagaimana dilansir American Journal of Lifestyle Medicine bahwa keringat berlebih, seperti setelah berolahraga atau mandi sauna, menurunkan ekskresi asam urat urin menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Dengan demikian, peneliti menganjurkan banyak minum air putih menghindari peningkatan kadar asam urat, setelah aktivitas menyebabkan keringat berlebih.

"Saat purin dipecah, asam urat dibuat, biasanya asam urat diserap kembali dalam tubuh atau dikeluarkan melalui urin dan feses," keterangan verywell

5. Pisang

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk atasi cepat asam urat yakni pisang. Sebab pisang kaya potasium, membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik, tidak mengandung gula, termasuk fruktosa yang bisa menjadi pemicu asam urat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)