Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam? Ini Jawabannya

Senin, 26 Juni 2023 - 06:30 WIB
loading...
Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam? Ini Jawabannya
Bagaimana cara mengobati asam urat dengan daun salam? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan dibahas dalam artikel ini. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Bagaimana cara mengobati asam urat dengan daun salam? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan dibahas dalam artikel ini. So, simak terus ya!

Anda suka mengalami kondisi pegal-pegal maupun pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada satu atau lebih persendian? Terutama di bagian jempol kaki. Kalau ya, bisa jadi Anda mengidap asam urat berlebih.

Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, orang secara umum akan langsung meminum obat. Padahal ada cara alami yang bisa bantu meredakan gejala pegal-pegal akibat asam urat yang tinggi.



Bahan alami yang bisa dicoba adalah daun-daunan seperti daun salam. Apakah benar daun salam bisa menyembuhkan asam urat?

Menurut laman Yankes Kementerian Kesehatan, daun salam memang bermanfaat untuk menurunkan asam urat. Hal itu dikarenakan daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

Jika Anda mau mencobanya untuk mengatasi asam urat, cobalah rebus daun salam bersama 10 gelas air.

"Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari," demikian informasi yang tertera di website tersebut, dikutip Senin (26/6/2023).



Selain dengan merebus, Anda bisa coba mengoleskan daun salam yang sudah diolah, ke tubuh yang ngilu karena ekstraknya mampu mengurangi sakit akibat peradangan.

Selain itu, minyak dari daun salam juga berkhasiat karena kandungan anti-inflamasinya. Memijat sendi dengan minyak tejpatta (ekstrak daun salam) dapat membantu meringankan dan mengelola rheumatoid arthritis.

"Selanjutnya, meminum teh daun salam juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan peradangan," tulis laman healthifyme.

Sekadar informasi, daun salam merupakan sumber yang kaya vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Jika teratur digunakan dalam makanan, efeknya bisa meningkatkan kesehatan secara umum.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)