4 Ikan Air Tawar yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Batasi Konsuminya!

Senin, 26 Juni 2023 - 17:36 WIB
loading...
4 Ikan Air Tawar yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Batasi Konsuminya!
Sedikitnya ada empat jenis ikan tawar yang diketahui mengandung kolesterol tinggi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat jenis ikan tawar yang diketahui mengandung kolesterol tingg i. Sehingga dalam mengkonsumsinya perlu dibatasi agar kolesterol dalam darah tidak meningkat.

Kolesterol merupakan zat lemak yang diproduksi oleh hati dan hadir di semua sel. Zat lemak tersebut berfungsi untuk membantu memproses vitamin D, memecah makanan, dan membuat hormon.


Berikut empat jenis ikan tawar yang mengandung kolesterol tinggi:

1. Ikan Lele

Ikan lele memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia. Sebab ikan yang satu ini dikenal sebagai ikan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan gizi yang terdapat pada lele meliputi protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, dan kalium. Selain itu, terdapat pula beberapa vitamin yang dikandungnya, seperti vitamin A, B1, dan B12.

Meski begitu, menurut laporan Vanguard, seorang praktisi medis bernama Dr Arikawe Adeolu mengatakan jika lele mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Asam lemak omega-6 dalam lele bahkan dapat menaikan tingkat peradangan tubuh.

Peradangan tersebut bisa menjadi dasar penyakit kardiovaskular, seperti diabetes dan kanker tertentu. Sehingga jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, menjadikan seseorang rentan terkena penyakit.

2. Ikan Bawal

Tak kalah populernya dengan ikan lele, ikan bawal juga kaya akan protein dan vitamin. Ikan bawal juga diketahui mengandung DHA, EPA, asam linoleat, Omega 3, vitamin A, vitamin B12, Potassium, dan Vitamin D3.

Manfaat dari Omega tersebut dapat mencegah plak pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung. Selain itu, bisa juga mencegah tubuh dari stroke.

Namun, ikan tawar jenis ini ternyata mengandung 12ml kolesterol setiap 100 gramnya. Oleh karenanya tidak disarankan untuk tidak berlebihan dalam menyantap dan mengkonsumsi hidangan yang satu ini.


3. Ikan Nila

Selanjutnya ada ikan nila yang juga menjadi hidangan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang yang membudidayakan ikan jenis ini.

Berdasarkan jurnal Kandungan Kolesterol dalam Berbagai Bahan Makanan Hewani, ikan nila ternyata juga mengandung kolesterol tinggi. Ikan ini diketahui mengandung kolesterol sebesar 90 mg per 100 gram dari bahan mentah.

Oleh karenanya, perlu dihindari oleh para penderita kolesterol tinggi. Meskipun ikan ini juga kaya akan kalori, protein rendah lemak, dan sejumlah vitamin lainnya.

4. Ikan Kod

Ikan kod merupakan jenis ikan air tawar yang juga diketahui memiliki kandungan kolesterol tinggi. Ikan ini biasanya banyak dijumpai di perairan Atlantik.

Per satu ons ikan kod, kolesterol yang ada di dalam tubuhnya bisa mencapai 17,3 milligram. Sehingga bagi para penderita kolesterol tinggi, perlu menghindari ikan jenis ini.

Kendati demikian, minyak ikan kod ini sudah terkenal baik bagi kesehatan anak-anak. Minyak ikan tersebut terdapat kandungan baik seperti vitamin A, lemak omega 3 dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)