Pasien Lansia Perlu Mendapatkan Pelayanan Geriatri yang Prima

Senin, 26 Juni 2023 - 18:17 WIB
loading...
Pasien Lansia Perlu Mendapatkan Pelayanan Geriatri yang Prima
Pasien lanjut usia (lansia) merupakan kelompok yang perlu mendapatkan perhatian khusus ketika berobat ke rumah sakit. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pasien lanjut usia (lansia) merupakan kelompok yang perlu mendapatkan perhatian khusus ketika berobat ke rumah sakit. Mereka harus mendapatkan layanan kesehatan yang prima serta informasi dan edukasi kesehatan yang terpercaya.

Setiap rumah sakit memiliki kewajiban untuk menjalankan berbagai program-program kesehatan, baik itu program nasional dari Kementerian Kesehatan , hingga program-program yang menjadi elemen penilaian pada akreditasi rumah sakit.

Program tersebut juga dibentuk sebagai bagian dari salah satu elemen penilaian pada standar akreditasi rumah sakit nasional, yaitu pada pelayanan dan asuhan pasien geriatri.



Menurut RSDH Indonesia Country COO, dr. Hartono Tanto, pelayanan geriatri yang diberikan pada pasien lanjut usia harus meliputi berbagai aspek kesehatan mulai dari promosi dan pencegahan hingga diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi.

RSDH Indonesia sendiri telah meluncurkan program keanggotaan Super Senior Club (SSC) dalam momen Hari Lansia Nasional. Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan keistimewaan bagi para pasien lansia di RS Premier.

Program SSC itu juga diberikan secara gratis kepada pasien yang telah terdaftar di jaringan RSDH Indonesia, yakni RS Premier Bintaro (RSPB), RS Premier Jatinegara (RSPJ) dan RS Premier Surabaya (RSPS) yang berusia 60 tahun ke atas.

"Program keanggotaan ini sangat tepat sebagai sarana penyebaran edukasi dan informasi kesehatan dalam kaitan dengan pencegahan, di mana kami harap pasien kami yang telah menjadi anggota mendapatkan berbagai keuntungan," jelas dr. Hartono dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Dia pun menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya juga telah meluncurkan program keanggotaan untuk anak yaitu Kids Club yang terdiri dari Darby Club untuk RSPB, Arby Club untuk RSPS dan Jatty Club untuk RSPJ.



"Nama club tersebut disesuaikan dengan nama maskot dari masing-masing rumah sakit RSDH," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)