4 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis, Ampuh Sudah Teruji

Rabu, 28 Juni 2023 - 11:45 WIB
loading...
4 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis, Ampuh Sudah Teruji
Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis perlu Anda ketahui. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis perlu Anda ketahui. Jangan sampai kolesterol terus mengendap dalam darah tanpa pernah diatasi.

Pasalnya, seseorang yang mengalami kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia dan membiarkan kondisi ini begitu saja, bukan tidak mungkin akan mengalami sumbatan pada pembuluh darah. Tentu Anda tidak mau terserang penyakit mengerikan seperti stroke atau jantung akibat pembuluh darah yang tersumbat, bukan?

Untuk itu, segera atasi kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, salah satunya menggunakan jeruk nipis.



Dokter Fery Juliawan, M.Th dalam kanal YouTubenya menyebutkan, jeruk nipis memiliki banyak kandungan baik. Antara lain vitamin C, vitamin b1, b2, niasin, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, tembaga, dan zat antioksidan lain.

Semua kandungan tersebut dapat membawa manfaat baik dalam tubuh. Satu di antaranya, Dokter Fery mengatakan, jeruk nipis bisa berperan sebagai penurun kolesterol.

"Salah satu manfaat jeruk nipis yang harus diketahui, jeruk nipis ini mempunyai peranan penting dalam menurunkan kolesterol dalam darah," kata Dokter Fery Juliawan, dikutip Rabu (28/6/2023).

Efektivitas jeruk nipis terhadap upaya menurunkan kolesterol sendiri sudah teruji dalam beberapa studi atau penelitian. Misalnya saja penelitian berjudul Efektivitas Air Perasan Jeruk Nipis terhadap Penurunan Kadar Kolesterol di Desa Bugel Grobogan.

"Studi tersebut memberikan kesimpulan bahwa jeruk nipis memiliki peran yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterolemia," lanjut Dokter Fery.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi jeruk nipis untuk menurunkan kadar kolesterol? Berikut langkah-langkah yang dibeberkan oleh sang dokter.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)