Jumlah Kalori 3 Macam Makanan Khas Iduladha, Sop Kambing Paling Aman Diolah

Rabu, 28 Juni 2023 - 22:20 WIB
loading...
Jumlah Kalori 3 Macam Makanan Khas Iduladha, Sop Kambing Paling Aman Diolah
Sop kambing merupakan makanan khas Iduladha favorit orang Indonesia dengan kalori terendah. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Iduladha identik dengan makanan olahahan daging. Olahan daging yang populer saat merayakan Iduladha yakni sop kambing, sate kambing dan gulai kambing.

Dari tiga jenis makanan khas Iduladha favorit orang Indonesia, kalori terendah terdapat di seporsi sop kambing. Sebenarnya berapa jumlah kalori tiga macam makanan khas Iduladha tersebut? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya, daging kambing paling aman diolah menjadi sup karena dalam semangkuk lengkap dengan tambahan daun bawang, seledri, dan tomat, kalorinya hanya 68 kkal.Berikut daftar kalori dari Sop kambing, sate kambing dan gulai kambing.

1.Sop Kambing : 68 kkal
Jumlah Kalori 3 Macam Makanan Khas Iduladha, Sop Kambing Paling Aman Diolah

Fotp/cookpad.com

2. Sate Kambing : Kalori satu tusuk sate kambing adalah 32 kkal.
Jumlah Kalori 3 Macam Makanan Khas Iduladha, Sop Kambing Paling Aman Diolah

Foto/Ist

Jika dalam sekali makanan menghabiskan 10 tusuk, kalori yang masuk adalah 320 kkal. Itu di luar penggunaan kecap dan tambahan-tambahan lainnya yang tanpa disadari mengandung kalori yang besar.

3. Gulai Kambing: 100 gram daging kambing yang dijadikan gulai terdapat kalori sebanyak 125 kkal.
Jumlah Kalori 3 Macam Makanan Khas Iduladha, Sop Kambing Paling Aman Diolah

foto/Ist

Resep Gulai Kambing Rendah Kolestrol dan Tak Prengus

1 1/2 kg daging kambing

- 1/2 butir kelapa

- 6 siung kecil bawang merah

- 2 siung besar bawang putih

- 4 buah cabai merah keriting ukuran sedang

- 2 ruas kelingking kunyit

- 1 ruas jempol jahe

- 1 sendok teh ketumbar

- 2 butir kemiri

- 1 sendok teh jinten

- 6 lembar daun jeruk

- 4-5 batang sereh

- 1/2 buah tomat

- secukupnya garam

- secukupnya gula

- 1 bungkus kaldu sapi

Cara Memasak

1.Sebelum direbus, balurkan garam pada daging supaya daging cepat empuk dan tidak bau prengus. Kurang lebih 1 jam didiamkan.Selanjutnya rebus daging kambing tanpa dicuci, kecuali ada kotoran (seperti pasir). Trik ini juga supaya daging tidak alot dan berbau prengus.

2.Rebus lebih kurang 1 jam sampai lemak daging luntur. Buang air rebusan pertama yang berwarna keputihan (rebusan pertama melunturkan lemak jahat dari daging).


3.Trik ini digunakan supaya daging kambing/sapi yang kita konsumsi rendah kolesterol. Rebus kembali menggunakan air bersih yang baru selama kurang lebih 15 menit.

4.Parut kelapa dan ambil santannya. Perasan pertama (santan kental) disisihkan untuk dimasukkan di akhir.Perasan kedua dan ketiga (santan cair) dimasukkan lebih awal ke dalam panci yang berisi daging kambing dan air rebusan kedua.

5.Tambahkan sekitar 2-3 gelas belimbing air lagi dan aduk rata. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk, sereh, dan tomat. Bumbu halus ditumis sebentar dengan sedikit minyak. Jangan lupa masukkan daun jeruk dan sereh.

6.Tumis sampai harumnya keluar. Tuangkan air sedikit supaya tidak gosong. Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis beserta daun jeruk dan sereh ke dalam panci yang berisi campuran santan cair dan daging.

7.Masak dengan api sedang sambil diaduk. Masukkan irisan tomat. Masukkan kaldu penyedap, gula dan garam. Koreksi rasa sesuai selera ya.

8.Setelah kuah dan bumbu sudah larut sempurna, selanjutnya masukkan santan kental yang tadi disisihkan.Aduk terus agar santan tidak pecah. Angkat setelah kuahnya mendidih

Tips Menjaga Kolesterol saat Iduladha

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa orang yang kebanyakan makan daging, baik itu sapi, kambing, hingga ayam dan unggas lainnya setidaknya memiliki risiko 30% lebih mudah terkena kanker. Seseorang dengan kolesterol tinggi juga berpeluang terkena kanker. Berikut tips menjaga kolesterol saat Iduladha.



1. Batasi Makan Daging

Tips mudah menjaga kolesterol saat Idul Adha adalah dengan membatasi makan daging. Membatasi bukan berarti tidak boleh, hanya saja
Selain membatasi makan daginAnda perlu mengontrol jumlah daging yang masuk ke tubuh agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Selain membatasi makan daging, Anda juga harus mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga kolesterol tetap rendah. Buah dan sayur punya kandungan serat yang tinggi sehingga bisa menyerap lemak dari daging yang sebelumnya Anda konsumsi.

3. Hindari Minuman Bersoda

Jika Anda memilih untuk makan daging saat Idul Adha, sebaiknya hindari minuman bersoda. Makan daging dan minum minuman bersoda adalah kombinasi yang buruk untuk kesehatan. Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa coba minum teh hijau agar tubuh lebih sehat dan kadar kolesterol tetap terjaga.

Itulah 11 menu makanan favorit khas Idul Adha yang enak banget dan wajib dicoba. Namun, jangan kalap dan harus tetap perhatikan kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

4. Minum air lemon

Minuman menyegarkan yang satu ini tak hanya bagus menurunkan berat badan, tapi juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut yang menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)