Waspada! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Kambing

Kamis, 29 Juni 2023 - 17:35 WIB
loading...
Waspada! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Kambing
Di musim kurban seperti sekarang ini, daging kambing dipastikan menjadi satu panganan yang banyak tersedia di rumah. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Di musim kurban seperti sekarang ini, daging kambing dipastikan menjadi satu panganan yang banyak tersedia di rumah. Ada baiknya jika hendak mengonsumsi pertimbangkan porsinya.

Sebab, mengonsumsi daging kambing terlalu banyak dapat mengancam kesehatan Anda. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Memangnya apa masalah yang akan muncul jika makan daging kambing berlebihan?

Sebelum menjawab itu, Dokter RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta dr Yogi Subandra Dwitama menjelaskan bahwa konsumsi daging kambing dengan porsi yang cukup tidak berisiko masalah kesehatan.

Ini sekaligus membantah rumor yang mengatakan konsumsi daging kambing bisa meningkatkan kadar kolesterol.



"Yang perlunya disalahkan adalah penggunaan garam yang berlebihan dalam proses mengolah daging kambing, bukan dagingnya itu sendiri," jelas dr Yogi, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (29/6/2023).

Garam banyak ditambahkan saat mengolah daging kambing untuk memberi rasa gurih sekaligus menghilangkan bau amis. Cara ini salah dan sebaiknya tidak dilakukan.

Kembali ke topik awal, apa saja bahaya kesehatan yang bisa terjadi jika mengonsumsi daging kambing berlebihan?

Menurut laman Siloam Hospitals, efek makan daging kambing kebanyakan itu berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kolesterol tinggi, obesitas, hingga kanker.

Tak hanya itu, makan daging kambing kebanyakan juga bisa menyebabkan sembelit, karena daging kambing tergolong makanan rendah serat. Selain itu, kandungan protein yang tinggi membuat sistem pencernaan sulit mencerna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)