Arak-arakan Hewan Kurban di Malang Jadi Daya Tarik Wisatawan, Tradisi Sejak 1970

Kamis, 29 Juni 2023 - 20:05 WIB
loading...
A A A
Ternyata tradisi ini justru populer karena arak-arakan semakin meriah diikuti oleh warga. Sehingga banyak anak muda yang memeriahkan dengan membawa balon hingga flare. Kemudian yang awalnya hanya mengarak kambing jenis Etawa, kini mereka juga mengarak sapi.

"Kita saat ini ingin melestarikan tradisi yang sudah ada sejak 70an. Karena memiliki manfaat yang baik bagi yanh berkurban karena mendapat syafaat, sementara kambingnya usai di arak darahnya lebih segar saat disembelih," terang Zulfikar kembali.

Meriahnya tradisi mengarak hewan kurban yang meriah ternyata membuat kampung-kampung lain di Kota Malang jadi tertarik untuk ikut bergabung.

Zulfikar mengatakan jika Kampung Jodipan Kulon, Kampung Gatot Subroto, hingga Kampung Kidul Pasar Kota Malang kini ikut bergabung dengan tradisi mereka. Hal ini membuat jumlah hewan kurban bertambah secara signifikan, total ada 61 ekor kambing dan 4 ekor sapi siap disembelih pada Iduladha 1444 H.

Karena tradisi ini semakin besar, warga akhirnya menjadikan tradisi mengarak hewan kurban menjadi semacam festival. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar Kampung Temengguan untuk datang menyaksikan arak-arakan hewan kurban.

Hasilnya Jalan Prof Mohammad Yamin terpantau sangat padat manusia dan hewan kurban sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

"Setiap tahunnya kita memberikan variasi yang menarik. Sehingga selalu jadi pusat perhatian setiap Iduladha. Tahun ini yang paling meriah dari tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.
(hri)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)