6 Makanan Tinggi Kolesterol yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

Sabtu, 01 Juli 2023 - 08:20 WIB
loading...
6 Makanan Tinggi Kolesterol yang Dapat Memicu Penyakit Jantung
Makanan dengan kolesterol tinggi berisiko meningkatkan beragam penyakit, salah satunya adalah meningkatkan risiko aterosklerosis. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Makanan dengan kolesterol tinggi berisiko meningkatkan beragam penyakit. Salah satunya adalah meningkatkan risiko aterosklerosis.

Dalam laman Mayoclinic, aterosklerosis dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung sendiri merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Memperbaiki pola makan dan mengubah gaya hidup menjadi salah satu usaha terbaik untuk menurunkan risiko penyakit jantung.



Lantas, makanan apa saja yang tinggi kolesterol penyebab penyakit jantung? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Gorengan


Gorengan merupakan salah satu camilan yang banyak digemari. Namun, seperti dikutip Healthline, mengonsumsi lebih banyak makanan digoreng, bisa meningkatkan kolesterol dan dikaitkan dengan risiko lebih besar, yakni terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

2. Daging Merah


Penggemar daging merah perlu berpikir kembali. Pasalnya, daging merah tinggi akan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, juga berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Menukil laman Livestrong, daging kambing mengandung 63,8 miligram kolesterol per porsi (3 ons). Ini jauh lebih sedikit kandungan kolesterolnya dibandingkan daging sapi dan babi yang 73,1 miligram, dan ayam 76 miligram per porsi.

3. Kue Kering


Kue kering seperti nastar, putri salju, dan sejenisnya, merupakan cemilan favorit di Indonesia saat lebaran. Kue kering ini mengandung banyak susu, telur dan keju.

Perlu diketahui, di dalam satu potong kue kering terdapat 75 kalori. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi secara berlebihan, terutama bagi penderita kolesterol, karena sebagian besar produsen kue juga menambahkan gula untuk rasa lebih manis. Ini mengakibatkan kadar trigliserida darah menjadi tinggi, sehingga berisiko memicu penyakit jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)