5 Cara Menurunkan Kolesterol dalam Hitungan Detik Tanpa Obat

Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:00 WIB
loading...
5 Cara Menurunkan Kolesterol dalam Hitungan Detik Tanpa Obat
Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dalam hitungan detik tanpa mengonsumsi obat. Perubahan gaya hidup yang sehat dapat menurunkan kadar kolesterol. Foto/Care From Nature
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dalam hitungan detik tanpa mengonsumsi obat dengan fokus pada perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup yang sehat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti stroke hingga serangan jantung. Sehingga penting untuk tidak mengabaikan kondisi ini, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini.

Namun hal tersebut bisa dicegah dengan cara menurunkan kolesterol, melakukan beberapa perubahan dalam diet sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga rutin juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Cara Menurunkan Kolesterol dalam Hitungan Detik Tanpa Obat



Berikut cara menurunkan kolesterol dalam hitungan detik tanpa obat dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (1/7/2023).



1. Makan Makanan yang Menyehatkan Jantung


Makan makanan yang menyehatkan jantung seperti kurangi lemak jenuh yang banyak ditemukan pada daging merah dan produk susu penuh lemak lantaran meningkatkan kolesterol total. Hindari juga lemak trans yang sering digunakan dalam margarin dan kue, kerupuk.

Sedangkan konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami bisa menyehatkan jantung. Selain itu, konsumsi serat larut dalam oatmeal, kubis, apel, dan pir dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Olahraga


Olahraga dapat meningkatkan kolesterol. Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik. Dengan persetujuan dokter, lakukan olahraga setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

Menambah aktivitas fisik, meski dalam interval pendek beberapa kali sehari, dapat membantu Anda mulai menurunkan berat badan. Mempertimbangkan untuk melakukan olahraga seperti berjalan cepat setiap hari selama jam makan siang, mengendarai sepeda, hingga melakukan olahraga favorit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)