Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Teh, Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sabtu, 01 Juli 2023 - 17:00 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Teh, Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan teh bisa mengurangi Anda dari risiko penyakit jantung. Diet sehat cara paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan teh bisa mengurangi Anda dari risiko penyakit jantung. Selain statin, diet sehat adalah cara paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Minum teh chamomile setiap hari dapat menurunkan kolesterol tinggi , sehingga risiko penyakit jantung pun berkurang. Alasan mengapa chamomile memberikan manfaat sehat untuk jantung karena kandungan antioksidannya.

“Interus herbal chamomile berlimpah dalam flavon, sejenis antioksidan flavonoid,” kata ahli kimia dan peneliti teh Dr Tim Bond dilansir dari Express, Sabtu (1/7/2023).

“Flavon mengurangi sintesis kolesterol dan meningkatkan aktivitas reseptor LDL pada sel yang berarti bahwa kolesterol LDL (jahat) dikeluarkan dari darah,” sambungnya.



Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinological Investigation menemukan bahwa teh chamomile dapat menurunkan kolesterol tinggi sekitar 18 persen. Penelitian ini melibatkan 64 orang.

Di mana tim peneliti meminta para peserta untuk menikmati tiga cangkir teh herbal atau air panas setiap hari. Temuan menunjukkan bahwa teh chamomile mampu menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total serta trigliserida, yang merupakan jenis lain dari lemak jahat dalam darah.

Karena kemampuan ini, teh chamomile juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. “Karena chamomile menurunkan kolesterol, terutama kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengubah kolesterol HDL (baik), teh ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung,” jelas Dr Bond.

"Studi yang sama ini juga menemukan pengurangan kadar insulin dan penanda kontrol gula darah yang buruk, yang juga dapat berkontribusi pada pengurangan risiko penyakit jantung,” tambahnya.



Jika Anda bukan penggemar chamomile, ahli menyarankan untuk mengonsumsi teh hitam. Teh jenis ini juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk kardiovaskular karena kandungan flavonoidnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)