Apakah Semua Seafood Memicu Kolesterol? Ini Penjelasan Dokter

Sabtu, 01 Juli 2023 - 19:30 WIB
loading...
Apakah Semua Seafood Memicu Kolesterol? Ini Penjelasan Dokter
Seafood seringkali dihindari karena dianggap mampu memicu kolesterol. Tapi apakah benar semua jenis seafood bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik? Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Seafood seringkali dihindari karena dianggap mampu memicu kolesterol . Tapi apakah benar semua jenis seafood bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik?

Dilansir dari Health Line, Sabtu (1/7/2023) ikan mengandung kolesterol . Namun jangan khawatir, pasalnya aneka jenis seafood mempunyai kandungan kolesterol yang berbeda-beda.

Bahkan, banyak juga seafood mengandung lemak yang dapat membantu dalam mengelola kadar kolesterol. Meski semua ikan mengandung kolesterol, tapi mereka mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Inilah yang dimaksud lemak makanan esensial untuk membantu agar kadar kolesterol sehat tetap terjaga dengan menurunkan kadar trigliserida. Perlu diketahui, trigliserida ini termasuk salah satu jenis lemak yang ditemukan dalam darah maupun sel lemak. Adapun ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna.

Seafood Kolesterol Rendah





Seperti yang sudah dijelaskan, memang pada dasarnya seafood terdapat kandungan kolesterol. Tapi bukan berarti, semua kadarnya tinggi. Ada pula beberapa seafood yang tak mengandung kolesterol tinggi, misalnya saja salmon.

Dalam 3 ons salmon fillet terdapat 23 gram protein serta 6 gram lemak yang mana, sebagian besar merupakan lemak tak jenuh. Salmon kaya berbagai vitamin mulai dari B12, B6, omega-3, naisin, selenium, maupun magnesium.

Selain salmon, ada pula tuna per 3 ons mengandung 16,5 gram protein, kurang dari 1 gram lemak, dan memiliki 31 miligram kolesterol. Tak kalah dari salmon, tuna juga sumber vitamin B12, niasin, hingga zat besi.

Selanjutnya, seafood dengan kolesterol tidak tinggi termasuk makarel. Ikan ini mempunyai banyak protein, omega-3, serta zat gizi mikro berkalori rendah. Kandungan lainnya juga ada vitamin B12, fosfor, niasin, dan selenium.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)