5 Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Rendah Lemak Jenuh

Senin, 03 Juli 2023 - 07:04 WIB
loading...
5 Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Rendah Lemak Jenuh
Sarapan penurun kolesterol tinggi mudah dibuat di rumah. Diet dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sarapan penurun kolesterol tinggi mudah dibuat di rumah. Diet dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti stroke dan serangan jantung.

Ahli diet Dr Richard Allison mengatakan sarapan penurun kolesterol tinggi wajib dicoba oleh mereka yang memiliki masalah penyakit ini. Sebab, penderita kolesterol penting untuk memilih makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans.

“Alih-alih makanan yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, fokusnya harus pada serat larut dan lemak tak jenuh ganda,” kata Allison dilansir dari Express, Senin (3/7/2023).

Salah satu sarapan terbaik untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah oatmeal. Menurut Allison, mengonsumsi tinggi serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.



“Coba tambahkan beberapa buah segar, kacang-kacangan, atau kayu manis untuk menambah rasa,” jelas Allison.

Allison juga merekomendasikan untuk sarapan telur guna menurunkan kolesterol tinggi. Namun, pastikan Anda membatasi mengonsumsinya menjadi satu atau dua kali sehari. “Dan pertimbangkan untuk mengonsumsi putih telur daripada telur utuh,” ujar Allison.

Bagi mereka yang menginginkan sarapan lebih lebih ringan, Allison menyarankan mengonsumsi yogurt Yunani. Greek yoghurt tinggi protein dan rendah lemak dibanding yoghurt biasa. Pilih varietas polos atau rendah lemak dan tambahkan buah segar serta madu untuk rasa manis.

Jika Anda ingin sarapan untuk dibawa pergi, maka pilihlah roti gandum. Pilih roti gandum daripada roti putih karena seratnya lebih tinggi dan dapat membantu Anda merasa kenyang. Namun jika Anda memiliki banyak waktu, bisa menambahkan irisan roti gandum dengan alpukat, mentega almond, atau krim keju rendah lemak.



Sarapan penurun kolesterol juga bisa berupa smoothie yang bisa memberikan berbagai nutrisi dalam satu kali makan. “Gunakan bahan dasar susu atau yoghurt tanpa lemak dan tambahkan buah segar atau beku, bayam dan biji chia untuk tambahan serat dan protein,” saran Allison.

Selain diet sehat, salah satu cara penting untuk menurunkan kadar kolesterol adalah berolahraga. Para ahli menyarankan untuk tetap bergerak aktif setidaknya 150 menit setiap minggu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)