4 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Nomor 3 Harus Konsisten

Rabu, 05 Juli 2023 - 06:30 WIB
loading...
4 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Nomor 3 Harus Konsisten
Cara menurunkan kolesterol di usia muda sangat penting diketahui. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda sangat penting diketahui. Sebab, jika gangguan kesehatan akibat gaya hidup tak sehat itu dibiarkan bakal berakibat fatal bagi tubuh.

Seperti diketahui, kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai dan mendapat perhatian lebih.

Apabila disepelekan, kolesterol ini bisa berdampak buruk dan memunculkan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh.

Dalam pengertiannya, kolesterol bisa diartikan sebagai zat sejenis lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Zat tersebut mengalir dalam tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.



Tak hanya terjadi pada orang-orang yang sudah berumur, kolesterol tinggi juga bisa menghinggapi remaja atau orang dengan usia yang lebih muda.

Maka dari itu, akan lebih jika sebisa mungkin, Anda wajib menjaga tubuh sedini mungkin dari berbagai penyebab kolesterol tinggi.

Lantas bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari laman Mayo Clinic:

4 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Usia Muda

1. Olahraga Rutin atau Perbanyak Aktivitas Fisik

Cara menurunkan kolesterol di usia muda berikutnya adalah dengan berolahraga atau memperbanyak aktivitas fisik. Setidaknya, sisihkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Tidak harus 7 hari penuh, Anda bisa melakukannya 5 kali dalam seminggu. Perbanyak aktivitas fisik secara rutin bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

Selain itu, hal ini juga bisa menurunkan berat badan. Agar tetap konsisten, Anda bisa mengajak teman olahraga atau bergabung dengan klub tertentu agar jadwal harian olahraga bisa teratur dan terus berjalan.

2. Berhenti Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Adapun beberapa manfaat lainnya adalah membaiknya sirkulasi darah dan fungsi paru-paru dalam jangka waktu 3 bulan setelah berhenti merokok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)