Kandungan Cetylpyridinium Chloride dan Chlorhexidine pada Obat Kumur Mampu Cegah Radang Gusi

Selasa, 04 Juli 2023 - 21:30 WIB
loading...
Kandungan Cetylpyridinium Chloride dan Chlorhexidine pada Obat Kumur Mampu Cegah Radang Gusi
Penting untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan membersihkan rongga mulut menggunakan benang gigi/dental floss serta obat kumur yang mengandung bahan antiseptik Cetylpyridinium Chloride dan Chlorhexidine. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Radang gusi atau gingivitis merupakan kondisi yang umum terjadi. Masalah kesehatan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti infeksi bakteri, kebersihan mulut yang buruk, merokok, dan faktor genetik. Jika tak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dan tulang rahang.

Guna mencegah sekaligus mengobati radang gusi, penting untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan rongga mulut menggunakan benang gigi/dental floss serta obat kumur yang mengandung bahan antiseptik Cetylpyridinium Chloride (CPC) dan Chlorhexidine. Dua kandungan tersebut bekerja sama untuk membunuh bakteri serta kuman penyebab penyakit gigi dan mulut. Kombinasi bahan ini terbukti sangat efektif membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

CPC yang ampuh membunuh virus SARS-Cov 2 (Coronavirus) bekerja dengan menghancurkan membran sel bakteri serta efektif membunuh bakteri yang menyebabkan plak gigi dan penyakit gusi. Sementara Chlorhexidine yang sering direkomendasikan dokter gigi merupakan bahan antiseptik yang efektif.

"Obat kumur bukanlah pengganti sikat gigi ataupun flossing. Namun, penggunaan obat kumur dapat menjadi tambahan rutinitas perawatan gigi yang baik serta mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut," terang drg. Jeanice Felincia, narasumber Innadine Mouthwash melalui keterangan tertulis, Selasa (4/7/2023).

Obat kumur Innadine Mouthwash diketahui mengandung bahan antiseptik CPC dan Chlorhexidine. Obat kumur ini dapat membantu membunuh bakteri serta kuman yang menyebabkan gingivitis, juga mengurangi bau mulut dan sariawan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)