Tak Sekadar Obati Luka, Ini 5 Manfaat Lain Antiseptik Betadine

Rabu, 16 Juni 2021 - 18:01 WIB
loading...
Tak Sekadar Obati Luka, Ini 5 Manfaat Lain Antiseptik Betadine
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Antiseptik povidone iodine atau lebih populer dengan sebutan Betadine selama ini dikenal sebagai obat untuk mencegah infeksi pada luka. Namun, tahukah Anda kalau antiseptik ini juga memiliki manfaat lain yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Betadine memiliki kandungan povidone iodine yang merupakan antiseptik yang mampu membunuh kuman dan bakteri. Antiseptik ini bekerja dengan cara merusak sel kuman dan membuat kuman menjadi tidak aktif. Maka itu, tak jarang Betadine juga digunakan untuk mensterilkan alat-alat medis, terlebih lagi membersihkan luka.



Menurut dr. Farhan Zubedi, praktisi kesehatan sekaligus public figure pada video TikToknya, obat luka memang mengandung povidone iodine yang berfungsi mensterilkan serta mencegah infeksi lanjutan. Cairan ini bersifat bakterisidal atau membunuh bakteri.

Povidone iodine sebenarnya juga memiliki manfaat lain, misalnya untuk membersihkan alat makeup.

"Larutan povidone iodine dengan air hangat dapat digunakan untuk membersihkan alat makeup, karena sifatnya antiseptik atau mematikan kuman. Sangat penting untuk membersihkan alat makeup dari kuman supaya tidak menimbulkan jerawat saat menyentuh kulit wajah," kata dr. Farhan dalam video TikToknya, seperti dikutip Rabu (16/6).

Tentu masih ada lagi manfaat lain povidone iodine alias Betadine yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari beberapa video life-hack di TikTok.

1. Pembasmi Hama Tanaman

Selain menyembuhkan luka pada manusia, obat luka satu ini ternyata juga bisa menyembuhkan luka pada tumbuhan.

Anda yang gemar bercocok tanam di rumah, pasti kesal bila melihat tanaman layu karena diserang hama. Nah, Anda bisa memanfaatkan Betadine yang ada di rumah untuk menyembuhkan tanaman Anda itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)