5 Obat Penurun Asam Urat yang Bisa Dibeli di Apotek dan Efek Sampingnya

Rabu, 05 Juli 2023 - 16:00 WIB
loading...
5 Obat Penurun Asam Urat yang Bisa Dibeli di Apotek dan Efek Sampingnya
Obat penurun asam urat bisa dibeli di apotek. Beberapa obat ini perlu dikonsumsi sesuai dengan resep atau anjuran dokter lantaran bisa menyebabkan efek samping. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat penurun asam urat bisa dibeli di apotek. Beberapa obat ini perlu dikonsumsi sesuai dengan resep atau anjuran dokter lantaran bisa menyebabkan sejumlah efek samping.

Obat penurun asam urat ini bekerja dengan dua cara. Yakni mengurangi rasa sakit selama serangan, dan dapat mengurangi penumpukan asam urat yang menyebabkan kondisi tersebut.

Ketika asam urat menumpuk di tubuh, dapat membentuk kristal yang mengiritasi persendian. Rasa sakit akibat serangan asam urat biasanya membaik dalam tiga hingga 10 hari. Tetapi Anda akan merasa lebih baik jika asam urat diobati.

Obat Penurun Asam Urat yang Bisa Dibeli di Apotek dan Efek Sampingnya



Berikut obat penurun asam urat yang bisa dibeli di apotek dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (5/7/2023).



1. Probenecid


Obat-obatan seperti probenecid (Probalan) membantu meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh. Efek samping obat ini termasuk ruam, sakit perut dan batu ginjal.

2. Allopurinol


Obat-obatan seperti allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric) membantu membatasi jumlah asam urat yang dibuat tubuh. Efek samping allopurinol termasuk demam, ruam, hepatitis dan masalah ginjal. Sedangkan efek samping febuxostat termasuk ruam, mual dan penurunan fungsi hati. Febuxostat juga dapat meningkatkan risiko kematian terkait jantung.



3. Kortikosteroid


Obat kortikosteroid, seperti prednison, dapat mengontrol peradangan dan nyeri asam urat. Kortikosteroid dalam bentuk pil, atau dapat disuntikkan ke dalam sendi. Efek samping kortikosteroid termasuk perubahan suasana hati, peningkatan kadar gula darah dan peningkatan tekanan darah.

4. Colchicine


Dokter mungkin akan merekomendasikan Anda colchicine (Colcrys, Gloperba, Mitigare), obat anti-inflamasi yang efektif mengurangi nyeri asam urat. Efektivitas obat dapat diimbangi, bagaimanapun, dengan efek samping seperti mual, muntah dan diare.



5. NSAID


Anti inflamasi non steroid (NSAID) termasuk obat asam urat yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) dan naproxen sodium (Aleve), serta resep NSAID yang lebih kuat seperti indometasin (Indocin, Tivorbex) atau celecoxib (Celebrex). NSAID bisa menyebabkan risiko sakit perut, pendarahan dan bisul.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)