5 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Urat, Segera Hindari Agar Tak Kambuh

Sabtu, 08 Juli 2023 - 07:12 WIB
loading...
5 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Urat, Segera Hindari Agar Tak Kambuh
Minuman pantangan untuk penderita asam urat wajib diketahui dan dihindari. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Minuman pantangan untuk penderita asam urat wajib diketahui dan dihindari. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki gejala gangguan kesehatan tersebut agar tak kambuh.

Sudah seharusnya penderita asam urat tidak bisa sembarangan mengonsumsi minuman. Lantas, apa saja minuman pantangan untuk penderita asam urat? Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber.

5 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Urat

1. Minuman Beralkohol

Minuman pantangan asam urat yang pertama adalah minuman beralkohol. Pasalnya, minuman beralkohol diketahui dapat menghambat kerja ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh.



Nah, jika pembuangan asam urat berlebih terganggu, tubuh akan menyimpannya di sendi sehingga dapat memperburuk rasa sakit dari arthritis atau radang sendi.

2. Minuman Tinggi Gula

Minuman pantangan bagi penderita asam urat selanjutnya adalah yang mengandung tinggi gula. Meski tidak mengandung purin secara langsung, namun kandungan fruktosa atau sirup jagung inilah yang menjadi penyebabnya. Sebab, fruktosa yang masuk akan dipecah oleh tubuh dan menghasilkan purin.

Tak hanya menyebabkan asam urat, minuman manis tinggi gula juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami penyakit diabetes.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi minuman tinggi gula untuk mencegah terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas asupan gula per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan.

3. Minuman Kemasan

Minuman seperti soda dan jus kemasan juga termasuk minuman tinggi gula yang sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Pasalnya, tak hanya memperburuk gejala asam urat seperti pegal-pegal dan nyeri, seperti yang disebutkan sebelumnya, konsumsi gula yang berlebih dapat menimbulkan penyakit lain seperti diabetes dan obesitas.

4. Madu

Meskipun baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, ternyata madu termasuk ke dalam makanan yang harus kamu hindari jika mengidap asam urat. Pasalnya, madu mengandung gula dan juga fruktosa yang tinggi.

Kedua kandungan ini tidak baik untuk penderita asam urat karena dapat memicu gejala asam urat. Untuk alternatif yang lebih sehat dan baik dikonsumsi penderita asam urat, Anda bisa mengkonsumsi madu hitam sebagai obat herbal alami.

5. Susu Tinggi Lemak

Penderita asam urat juga sebaiknya menhindari minuman berupa susu tinggi lemak dan produk olahannya, misalnya keju dan es krim. Pasalnya, kandungan lemak tersebut bisa memperburuk asam urat.

Sebagai alternatif, penderita asam urat disarankan untuk minum susu rendah lemak dan produk olahannya untuk menjaga kadar asam urat normal.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)
pixels