Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Bawang Putih, Cukup Konsumsi 1 Siung Tiap Hari

Minggu, 09 Juli 2023 - 05:00 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Bawang Putih, Cukup Konsumsi 1 Siung Tiap Hari
Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bawang putih cukup mengonsumsi satu siung setiap hari. Satu siung bawang putih menurunkan kadar kolesterol 10 persen. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bawang putih cukup mengonsumsi satu siung setiap hari. Satu siung bawang putih atau 3 gram - 6 gram dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

Ada banyak penelitian tentang cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bawang putih . Beberapa studi telah menyarankan bahwa asupan bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol .

Dilansir dari Medical News Today, Minggu (9/7/2023) namun, penelitian lain menunjukkan bawang putih tidak berpengaruh menurunkan kolesterol.

Dari penelitian yang menunjukkan bawang putih dapat menurunkan kolesterol, ada perbedaan pendapat tentang jenis bawang putih mana yang paling efektif. Umbi bawang putih mentah mengandung zat allicin, yang bisa menjadi senyawa berbasis belerang allicin saat terkena udara.



Allicin memberi bau khas pada bawang putih. Studi telah mengaitkan allicin dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Metode persiapan makanan memengaruhi jumlah allicin yang ada. Produk bawang putih yang berbeda akan menurunkan kadar kolesterol pada tingkat yang berbeda. Pendapat ilmiah bervariasi tentang jenis bawang putih mana yang paling efektif untuk mengurangi kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua (AGE) dapat memberikan manfaat paling konsisten dalam mengurangi kadar kolesterol total dibandingkan jenis bawang putih lainnya. Ada kemungkinan bubuk bawang putih dan minyak masih memiliki efek menguntungkan pada kadar kolesterol.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan ekstrak bawang putih hitam tua mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dalam studi ini, peserta mengonsumsi 300 miligram (mg) atau 6 gram (g) ekstrak bawang putih hitam tua dua kali sehari selama 4 atau 12 minggu.



Penelitian lainnya menunjukkan bahwa bubuk bawang putih yang dihancurkan tidak efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Penulis penelitian menghubungkan ini dengan kemungkinan hilangnya allicin selama pemrosesan. Untuk alasan ini, para peneliti lebih memilih bawang putih mentah selama studi kadar kolesterol.

Seperti halnya obat atau suplemen makanan, ada beberapa efek samping dan cenderung terjadi ketika orang mengonsumsi bawang putih mentah dosis tinggi. Studi yang dirilis pada 2016 menemukan bahwa efek samping bawang putih yang umum meliputi bau badan, bau mulut, kembung dan sakit perut.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)