Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Kontrol Diabetes dengan Daun Jambu Biji

Sabtu, 08 Juli 2023 - 16:05 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Kontrol Diabetes dengan Daun Jambu Biji
Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan daun jambu biji bisa menjadi alternatif untuk penyakit ini. Daun jambu biji juga terbukti ampuh mengontrol diabetes. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan daun jambu biji bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang berjuang dengan penyakit ini. Daun jambu biji juga terbukti ampuh mengontrol diabetes .

Daun jambu biji sudah sejak lama digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi dan mengontrol diabetes . Keampuhannya pun sudah terbukti dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism.

Dilansir dari The Health Site, Sabtu (8/7/2023) ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi kadar glukosa darah postprandial atau post-meal. Studi ini menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aksi alpha-glucosidase, enzim yang memecah pati dan karbohidrat lain menjadi glukosa.

Studi ini juga membandingkan ekstrak daun jambu biji dengan voglibose, inhibitor alfa-glucosidase yang biasa digunakan untuk mengobati diabetes. Namun, ditemukan bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki efek yang lebih ringan daripada voglibose.



Studi ini juga menemukan bahwa minum ekstrak daun jambu biji setiap kali makan meningkatkan gejala diabetes lainnya seperti hiperglikemia, hiperinsulinemia, resistensi insulin, dan hiperlipidemia. Selain mengontrol kadar glukosa darah, ekstrak daun jambu biji efektif menurunkan kadar kolesterol darah.

Hal ini diyakini efektif dalam membantu orang dengan hiperkolesterolemia. Fakta lainnya adalah daun jambu biji juga memiliki anti-hiperlipidemik dan mengurangi fosfolipid serum, trigliserida serum, dan kadar kolesterol jahat.

Selain menurunkan kolesterol tinggi dan mengontrol diabetes, daun jambu biji bisa menyembuhkan luka. Ini karena potensi antibakteri dari ekstrak daun jambu biji terhadap beberapa bakteri yang terkait dengan luka bedah, luka bakar, dan infeksi kulit dan jaringan lunak diteliti dalam kondisi yang berbeda.

Skrining fitokimia mengungkapkan adanya beberapa senyawa bioaktif yang telah dikaitkan dengan aktivitas antimikroba. Manfaat lainnya dari daun jambu biji adalah mengobati tekanan darah tinggi.



Penelitian melibatkan pasien tekanan darah tinggi menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total serum (9,9 persen), trigliserida (7,7 persen), dan tekanan darah (9,0/8,0 mm Hg) dengan peningkatan bersih yang signifikan dalam kolesterol lipoprotein densitas tinggi (8,0 persen) setelah 12 minggu mengonsumsi jambu biji.

Kemudian, penelitian yang melibatkan 197 perempuan oleh Unit Penelitian Epidemiologi dan Layanan Kesehatan Meksiko menunjukkan dengan dosis 6 mg per hari, ekstrak daun jambu bisa mengurangi nyeri haid secara signifikan dibandingkan dengan pengobatan konvensional dan plasebo. Daun jambu biji juga membantu meringankan kram rahim.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)