3 Tanda Kolesterol Tinggi pada Tubuh yang Kerap Diabaikan, Termasuk di Mata

Minggu, 09 Juli 2023 - 15:10 WIB
loading...
3 Tanda Kolesterol Tinggi pada Tubuh yang Kerap Diabaikan, Termasuk di Mata
Tanda kolesterol tinggi pada tubuh yang kerap diabaikan sangat penting diketahui, diantaranya di mata. Foto/Express UK
A A A
JAKARTA - Tanda kolesterol tinggi pada tubuh yang kerap diabaikan sangat penting diketahui. Sebab, tanda gangguan kesehatan akibat lemak jahat tersebut kadang terletak di tempat tersembunyi.

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi berarti zat berlemak yang disebut kolesterol dalam darahnya terlalu banyak.

Meskipun pada awalnya hal ini mungkin tidak menyebabkan masalah apa pun, namun lama kelamaan kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan yang serius.

Ini karena kolesterol dapat menumpuk di arteri yang menyebabkan penyumbatan, mencegah darah masuk. Jika tidak diobati ini dapat mengakibatkan keadaan darurat medis seperti serangan jantung dan stroke.



Sebagaimana dikutip dari Express UK, Minggu (9/7/2023), The British Heart Foundation (BHF) menjelaskan tanda kolesterol tinggi ini jarang diketahui karena tidak ada gejala sama sekali.

“Namun hal ini seringkali merupakan faktor risiko tersembunyi yang artinya bisa terjadi tanpa kita sadari hingga terlambat. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda," terang BHF.

Namun dalam beberapa kasus seseorang dapat melihat tiga gejala atau tanda pada tubuhnya yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Berikut tanda atau gejala kolesterol tinggi pada tubuh yang tidak boleh diabaikan sebagaimana dijelaskan BHF yang dikutip, Minggu (9/7/2023).

3 Tanda Kolesterol Tinggi pada Tubuh

1. Tendon xantomata

Tendon xantomata adalah pembengkakan akibat kolesterol tinggi yang biasanya muncul di buku jari tangan, lutut, atau tendon Achilles di belakang pergelangan kaki.

2. Xanthelasma

Xanthelasma adalah benjolan kolesterol kecil berwarna kuning yang ditemukan di dekat sudut dalam mata Anda.

3. Arcus Kornea

BHF menjelaskan Arcus Kornea adalah cincin putih pucat di sekitar bagian mata yang berwarna atau iris.

Demikian informasi tiga tanda kolesterol tinggi yang jarang diketahui dan kerap diabaikan oleh penderitanya. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, Anda harus membuat janji temu dengan dokter umum Anda.

Namun, satu-satunya cara untuk memastikan apakah kadar kolesterol Anda terlalu tinggi adalah dengan melakukan tes.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)