Gejala Kolesterol Tinggi pada Mulut yang Harus Diketahui

loading...
Gejala Kolesterol Tinggi pada Mulut yang Harus Diketahui
Gejala Kolesterol Tinggi pada Mulut yang Harus Diketahui. Foto/Express.
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi dapat dilihat dari mulut. Penelitian menunjukkan ada hubungan antara infeksi gusi yang parah dan peningkatan kadar kolesterol . Sebuah penelitian bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara periodontitis dan hiperlipidemia.

Hiperlipidemia, atau kolesterol tinggi , mengacu pada peningkatan kadar lemak dalam darah. Periodontitis adalah infeksi gusi parah yang dapat menyebabkan kehilangan gigi dan komplikasi kesehatan serius lainnya.

Untuk penelitian ini, kadar lipid serum pada 45 subjek dengan periodontitis diukur dan dibandingkan dengan 45 kontrol yang sesuai dengan usia, jenis kelamin dan indeks massa tubuh (BMI). Lipid serum merupakan zat lemak yang ditemukan dalam darah, termasuk kolesterol.

Baca Juga : Kolesterol Tinggi, 3 Gejala pada Tangan, Kulit dan Mata

Setelah dilakukan analisis data, kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat lebih tinggi pada kelompok dengan periodontitis. "Studi ini menunjukkan bahwa hiperlipidemia mungkin berhubungan dengan penyakit periodontal," kata para peneliti menyimpulkan.



Dilansir dari Express, Jumat (25/6) kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam tubuh yang memiliki banyak peran penting, seperti membantu metabolisme bekerja secara efisien. Namun, memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung .

Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol LDL di bawah kontrol. Anda dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami dengan merombak aspek gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah mengurangi asupan lemak jenuh.

Baca Juga : Covid-19 pada Anak Melonjak, Protokol Kesehatan Keluarga Perlu Ditegakkan Lagi

"Lemak jenuh, ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu penuh lemak, meningkatkan kolesterol total Anda," jelas Mayo Clinic.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top