4 Penyakit yang Muncul karena Asam Urat Tinggi, Salah Satunya Batu Ginjal

Senin, 10 Juli 2023 - 05:15 WIB
loading...
4 Penyakit yang Muncul karena Asam Urat Tinggi, Salah Satunya Batu Ginjal
Penyakit yang muncul karena asam urat tinggi perlu Anda ketahui. Foto Ilustrasi/Zee News
A A A
JAKARTA - Penyakit yang muncul karena asam urat tinggi perlu Anda ketahui. Tujuannya agar Anda bisa mendeteksi sejak dini dan mengatasi penyakit yang kerap mengakibatkan peradangan sendi ini.

Pasalnya, jika tidak segera ditangani, asam urat yang tinggi bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi atau penyakit yang mengancam kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja penyakit yang bisa muncul karena asam urat tinggi? Berikut di antaranya, dilansir dari beberapa sumber, Minggu (9/7/2023).


1. Batu Ginjal

Kristal asam urat bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan timbulnya batu di ginjal (nefrolitiasis) maupun saluran kemih lain misalnya di kandung kemih, utreter, dan uretra.

Nefrolitiasis adalah hadirnya batu di dalam ginjal yang terjadi karena ada pengendapan dari beberapa jenis senyawa, satu di antaranya kristal asam urat. Pengendapan kristal asam urat dalam tubulus di ginjal dapat menyebabkan obstruksi atau sumbatan mengganggu fungsi ginjal dan dapat berkembang menjadi gangguan ginjal akut (acute kidney injury/AKI).

Kondisi nefropati atau kerusakan pada ginjal yang tidak diatasi penyebabnya dan berlangsung lama dapat menyebabkan kerusakan yang menetap pada ginjal (chronic kidney disease/CKD).

Nefopati asam urat atau gout nephropathy terjadi karena kerusakan ginjal yang terjadi karena endapan/deposit kristal asam urat di ginjal sehingga menurunkan fungsi ginjal dan merusak struktur ginjal. Tak jarang penderita nefropati asam urat ini harus menjalani cuci darah atau hemodialisis sebagai terapi pengganti ginjalnya.

2. Deformitas Sendi

Asam urat yang tinggi juga bisa memicu perubahan pada bentuk persendian. Komplikasi akibat asam urat ini disebut juga dengan deformitas sendi.

Deformitas sendi umumnya terjadi akibat peradangan kronis yang menyebabkan serangan asam urat secara terus-menerus serta terbentuknya tophi di sekitar persendian. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan sendi permanen, kelainan bentuk, dan kekakuan pada sendi.

Pada kondisi yang parah, deformitas sendi bahkan membutuhkan prosedur pembedahan untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang telah rusak.


3. Penyakit Jantung

Tidak banyak yang tahu bahwa seseorang yang mengidap asam urat tinggi biasanya memiliki masalah pada jantung. Pasalnya, penyakit asam urat dapat menyebabkan peradangan pada sendi serta bagian lainnya dari tubuh, dan menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, penderita asam urat tak hanya diimbau untuk mengonsumsi makanan tertentu, namun juga menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

4. Tophi

Kumpulan kristal asam urat yang menumpuk di bawah permukaan kulit dan membentuk gumpalan atau benjolan disebut dengan tophi. Benjolan tersebut biasanya berbentuk kecil, keras, dan terkadang ada bagian berwarna putih yang merupakan tumpukan dari kristal urat tersebut.

Gumpalan tophi umumnya muncul di sekitar tangan, kaki, pergelangan tangan dan kaki, jari, lutut, hingga telinga. Meski tidak sakit, namun benjolan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Bahkan, tophi bisa meradang, rusak, dan mengeluarkan cairan seperti nanah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)