4 Seafood yang Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Disukai Banyak Orang

Selasa, 11 Juli 2023 - 13:25 WIB
loading...
4 Seafood yang Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Disukai Banyak Orang
Seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi, diantaranya kerang. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi ternyata cukup banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin dirasa aman untuk dikonsumsi karena kadarnya rendah.

Sebagaimana diketahui, Seafood merupakan salah satu olahan kuliner yang banyak digemari. Rasa seafood yang segar dipadukan bumbu pilihan bisa menambah kelezatan dari olahan makanan laut itu.

Meski demikian makanan seafood tak dianjurkan dikonsumsi berlebihan. Sebab, tak sedikit seafoodyang mengandung kolesterol tinggi yang bila terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh.

Meski begitu, ada beberapa seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi. Tentu itu akan jauh lebih aman untuk dikonsumsi terutama oleh seseorang dengan riwayat penyakit kolesterol.



Jenis seafood apa saja yang rendah kolesterol dan aman dikonsumsi? Berikut informasinya.

4 Seafood yang Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi

1. Ikan Tuna

Pertama ada ikan tuna. Hidangan laut satu ini termasuk dalam jenis seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi. Dalam 3 ons ikan tuna, terkandung 16,5 gram protein, kurang dari 1 gram lemak, dan hanya 31 miligram kolesterol.

American Heart Association menjabarkan ikan tuna mengandung sekitar 11 persen hingga 22 persen omega 3 per 3 ons. Omega 3 yang terkandung dalam ikan tuna itu mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Ikan Salmon

Selain tuna, ikan salmon juga termasuk seafood yang rendah kolesterol. Dilansir Healthline, 3 ons salmon fillet yang dimasak, mengandung 23 gram protein dan 6 gram lemak yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang sehat.

Ikan salmon juga kaya akan vitamin D, B12, dan B6, niasin, hingga omega 3. Banyak ahli yang menyarankan makan ikan salmon dibandingkan daging merah agar tidak meningkatkan kolesterol.

3. Kerang

Bagi Anda pecinta kerang, berbahagia lah. Kerang termasuk dalam jenis seafood yang tidak mengandung tinggi kolesterol.

Kerang juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam jumlah tinggi. Sama seperti ikan salmon, kandungan kalori di dalam kerang masih lebih rendah dibanding daging merah.

4. Ikan Makarel

Satu lagi jenis seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi ialah ikan makarel. Tak kalah dengan tuna dan salmon, ikan makarel juga memiliki rasa yang sedap dan menyehatkan.

Bagaimana tidak, ikan makarel mengandung banyak protein, omega 3, dan zat gizi mikro dengan jumlah kalori yang rendah. Dilansir laman, Dr Axe, ikan makarel itu dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)