4 Perbedaan Asam Urat dan Osteoarthritis, Ini Gejala dan Penyebabnya

Selasa, 11 Juli 2023 - 18:46 WIB
loading...
4 Perbedaan Asam Urat dan Osteoarthritis, Ini Gejala dan Penyebabnya
Terdapat sejumlah perbedaan antara asam urat dengan osteoarthritis. Tak hanya dari segi pengertian, penyebab, gejala hingga faktor risiko yang harus diwaspadai. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perbedaan antara asam urat dengan osteoarthritis. Tak hanya dari segi pengertian, namun juga terkait penyebab, gejala hingga faktor risiko yang harus diwaspadai.

Pada dasarnya, baik asam urat atau osteoarthritis dikenali sebagai keluhan yang berhubungan dengan sendi. Kedua penyakit ini bisa menyebabkan sendi pada tubuh menjadi sakit atau nyeri secara tiba-tiba.

Namun, antara asam urat dan osteoarthritis ternyata memiliki sejumlah perbedaan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (11/7/2023).

Perbedaan Asam Urat dan Osteoarthritis





1. Pengertian


Pada pengertiannya, asam urat bisa diartikan sebagai bentuk radang sendi yang cukup menyakitkan. Keluhan kesehatan ini bisa muncul dengan ditandai serangan rasa sakit tiba-tiba serta pembengkakan di bagian persendian, terutama jempol kaki.

Serangan asam urat biasanya datang tanpa diduga. Pada beberapa kasus, bagian sendi yang terkena seakan terasa nyeri, panas, hingga bengkak.

Sementara itu, osteoarthritis merupakan salah satu bentuk umum dari arthritis. Keluhan ini bisa muncul ketika terjadi kerusakan jaringan tulang rawan yang melapisi tulang, sehingga tulang saling bergesekan ketika digerakkan.

Meski osteoarthritis bisa menyerang sendi mana pun, beberapa bagian yang cukup sering adalah sendi di tangan, lutut, pinggul, hingga tulang belakang.

2. Penyebab


Asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di persendian. Kristal tersebut bisa terbentuk ketika seseorang terlalu banyak memiliki kadar zat asam urat dalam darahnya. Tingginya asam urat pada tubuh biasanya dipengaruhi oleh konsumsi makanan sehari-hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)