6 Diet Sehat untuk Penderita Asam Urat sekaligus Ampuh Turunkan Berat Badan

Rabu, 12 Juli 2023 - 12:00 WIB
loading...
6 Diet Sehat untuk Penderita Asam Urat sekaligus Ampuh Turunkan Berat Badan
Ada beberapa makanan yang bisa menjadi diet sehat untuk penderita asam urat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makanan yang bisa menjadi diet sehat untuk penderita asam urat. Makanan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus meredakan beberapa gejala asam urat.

Dengan mengonsumsi makanan yang menjadi dieat sehat ini, Anda tidak hanya menurunkan asam urat tetapi juga menjaga tubuh terhindar dari masalah kesehatan lain.

Lantas, apa saja makanan yang bisa menjadi diet sehat untuk penderita asam urat? Berikut di antaranya, dilansir dari laman Rumah Sakit Siloam, Rabu (12/7/2023).


1. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat tak hanya baik buat kesehatan pencernaan, namun juga bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Pasalnya, makanan berserat dapat menyerap asam urat berlebih dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit asam urat.

2. Teh Hijau

Diet sehat untuk penderita asam urat berikutnya adalah teh hijau. Tak hanya diseduh sebagai minuman, ekstrak teh hijau ternyata bisa juga digunakan sebagai campuran makanan.

Menurut penelitian, teh hijau memiliki kandungan tinggi antioksidan bernama katekin yang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga bisa mencegah pembentukan kristal asam urat dan batu ginjal ukuran besar.

3. Pisang

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang membuat senyawa ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Namun, bila kristal sudah terbentuk, kalium pada pisang dapat mencegah pengerasan sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal. Selain itu, pisang juga rendah purin (senyawa pembentuk asam urat) serta kaya akan serat dan vitamin C yang dapat membantu ekskresi purin dan asam urat.

Anda dapat mengonsumsi 1-2 buah pisang per hari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.


4. Buah Ceri

Ceri merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk diet sehat sekaligus menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, ceri mengandung antosianin (pigmen berwarna merah-ungu) yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat sekaligus meredakan nyeri sendi. Manfaat ceri akan lebih optimal jika dikonsumsi dengan obat asam urat dari dokter.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal kaya asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan asam urat. Omega-3 dalam salmon diketahui mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat asam urat.

Selain itu, ikan salmon mengandung purin dan asam lemak jenuh rendah sehingga dapat menurunkan atau menjaga kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

6. Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti polong, buncis, dan kacang lentil diketahui bisa menjadi makanan penurun asam urat yang aman dikonsumsi karena mengandung protein nabati tinggi yang baik untuk tubuh.

Menurut sebuah penelitian, penderita asam urat tinggi yang mengonsumsi makanan tinggi protein nabati memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibandingkan penderita yang mengonsumsi makanan dengan protein hewani.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa makanan tinggi protein nabati tidak berpotensi memicu kekambuhan asam urat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)