4 Sayuran Hijau Rendah Purin, Dijamin Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Rabu, 12 Juli 2023 - 13:34 WIB
loading...
4 Sayuran Hijau Rendah Purin, Dijamin Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat
Sayuran hijau kaya akan vitamin dan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya memiliki kandungan purin rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sayuran hijau dikenal sebagai makanan yang kaya vitamin dan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya ada juga yang memiliki kandungan purin rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Hijau memang menjadi warna paling umum yang terdapat dalam sayuran. Sebab, warna hijau terbentuk dari klorofil yang berguna bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis. Sayuran ini juga kaya akan karotenoid yang dapat menangkal radikal bebas.

Menurut laman Kemenkes, sayuran hijau sangat kaya vitamin A, C, K, B, kalium, dan serat. Selain itu sayuran ini juga rendah kalori serta kaya akan zat besi. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, maka semakin banyak juga gizi yang terkandung di dalamnya.



Meski dikenal memiliki banyak manfaat, namun terdapat juga sejumlah sayuran yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat karena punya kandungan purin yang tergolong sedang hingga tinggi. Seperti kembang kol, bayam, dan asparagus.

4 Sayuran Hijau yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Berikut ini empat sayuran hijau yang punya kandungan purin rendah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

1. Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk sayuran yang rendah purin. Faktanya, sayuran ini hanya memiliki 50 mg purin untuk 100 gram. Membuatnya menjadi makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Sebuah penelitian dalam jurnal Pemberian Kacang-Kacangan terhadap Perubahan Asam Urat pada Mahasiswi di Asrama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah disebutkan bahwa kacang panjang mampu menurunkan kadar asam urat.

2. Brokoli

Dalam 100 gram brokoli diperkirakan hanya mengandung 81 mg purin. untuk ukuran tingginya kadar purin dalam suatu makanan sendiri adalah kurang dari 100 mg untuk 100 gram. Sehingga kandungan purin dalam brokoli dikatakan sangat rendah.

Selain punya kandungan purin yang rendah, brokoli juga kaya akan vitamin C yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat. Sehingga membuat sayuran hijau satu ini bagus untuk dikonsumsi.


3. Selada

Menurut laman Life Strong, selada umumnya hanya menghasilkan kurang dari 50 mg purin untuk setiap 100 gram. Selain memiliki kandungan serat tinggi dan purin yang rendah, selada juga mengandung luteolin yang dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
Sayuran ini pun memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat.

4. Mentimun

Mentimun hanya mengandung 7,3 mg purin dalam setiap 100 gram. Membuat sayur yang kerap dijadikan lalapan ini aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain itu, mentimun juga efektif untuk menurunkan berat badan, sehingga kerap dijadikan pilihan untuk diet.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)