5 Minyak Goreng Rendah Kolesterol, Nomor 3 Ampuh Pertahankan Kadar HDL

Kamis, 13 Juli 2023 - 12:30 WIB
loading...
5 Minyak Goreng Rendah Kolesterol, Nomor 3 Ampuh Pertahankan Kadar HDL
Minyak goreng rendah kolesterol banyak jenisnya, diantaranya mulai dari minyak wijen hingga zaitun. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Minyak goreng merupakan salah satu yang dihindari bagi pengidap kolestrol tinggi. Namun, sebenarnya terdapat beberapa minyak goreng rendah kolestrol yang bisa menjadi alternatif.

Meskipun penderita kolestrol pantang untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang digoreng, namun, ada beberapa jenis minyak goreng rendah kolestrol yang aman digunakan untuk menggoreng makanan.

Lantas, minyak goreng apa saja yang termasuk rendah kolestrol? Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (13/7/2023).

5 Minyak Goreng Rendah Kolesterol

1. Minyak wijen (sesame oil)

Minyak wijen kaya akan asam lemak omega-6, salah satu kandungan lemak tak jenuh yang tidak hanya baik untuk jantung.



Minyak wijen juga aman digunakan sebagai minyak goreng untuk penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, minyak satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

2. Minyak jagung (corn oil)

Minyak jagung tidak hanya menjadi salah satu jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan jantung, namun juga baik sebagai minyak goreng untuk penderita kolesterol.

Pasalnya, minyak ini terkenal dengan kandungan antioksidan seperti vitamin E yang dapat mengurangi risiko Anda terhadap berbagai penyakit jantung. Namun, tak hanya itu saja, minyak ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol Anda.

3. Minyak zaitun (olive oil)

Menggunakan minyak zaitun sebagai minyak goreng untuk memasak dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Minyak ini tak hanya kaya kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, namun juga dapat membantu tubuh mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL).

4. Minyak bunga matahari (sunflower oil)

Minyak bunga matahari juga menjadi salah satu jenis minyak yang rendah kolestrol. Bahkan, salah satu penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak ini selama 10 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara drastis.

Penelitian lain juga menyatakan bahwa minyak ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah jika dibandingkan dengan saat tidak menggunakannya.

5. Minyak bunga safflower (safflower oil)

Sebuah penelitian menyebut bahwa minyak bunga safflower dapat menurunkan kadar kolesterol dalam jangka empat bulan penggunaan.

Penelitian tersebut juga mendukung saran dari American Heart Association yang mengatakan bahwa lemak tak jenuh dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Dengan begitu, risiko penyakit jantung juga ikut menurun.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)