5 Gejala Kolesterol Naik yang Tak Boleh Diabaikan, Nomor 4 Banyak Dialami Perempuan

Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:55 WIB
loading...
5 Gejala Kolesterol Naik yang Tak Boleh Diabaikan, Nomor 4 Banyak Dialami Perempuan
Gejala kolesterol naik wajib diketahui semua orang. Mulai dari warna kaki pucat hingga nyeri leher patut diwaspadai sedini mungkin. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol naik yang tak boleh diabaikan wajib diketahui semua orang. Mengetahui kadar kolesterol tinggi biasanya melalui pemeriksaan dokter. Namun hal tersebut bisa Anda ketahui dengan tanda-tanda yang umumnya dirasakan penderitanya.

Sebagai diketahui, kolesterol terbagi atas dua macam yaitu Lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik. Khusus untuk kolesterol jahat, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke.

"Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Terkadang, endapan tersebut bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan menyebabkan serangan jantung atau stroke," keterangan laman Mayoclinic yang dikutip, Jumat (14/7/2023).



Lantas tanda atau gejala awal kolesterol naik apa saja yang tak boleh diabaikan? berikut penjelasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

5 Gejala Kolesterol Naik yang Tak Boleh Diabaikan

1. Warna kaki pucat

Saat kondisi kolesterol sedang tinggi bisa mempengaruhi aliran darah yang bisa mengubah warna kulit kaki Anda.

Itu karena sel-sel tidak mendapatkan nutrisi tepat akibat berkurangnya aliran darah membawa nutrisi dan oksigen.

2. Nyeri di kaki

Bukan hanya nyeri di bagian leher, tapi juga bisa di kaki, salah satu gejala PAD (penyakit arteri perifer). Sebab ini terjadi karena arteri kaki Anda tersumbat, darah kaya oksigen dalam jumlah yang cukup dan dibutuhkan tidak mencapai bagian bawah kaki.

Itu bisa membuat kaki Anda terasa berat dan lelah. Kebanyakan orang dengan kadar kolesterol tinggi mengeluhkan rasa sakit membakar di tungkai bawah.

3. Kram di malam hari

Saat kondisi tubuh sedang beristirahat, bagi penderita kolesterol tinggi. Kerap kali mengalami kram di malam hari. Kondisi bisa semakin parah pada malam hari saat tidur.

Orang dengan PAD mungkin mengalami kram atau kejang saat tidur, paling sering di tumit, kaki depan, atau jari kaki.

4. Nyeri leher

Salah satu studi membuktikan bahwa adanya korelasi nyeri leher dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam penelitian tersebut, menunjukkan bahwa tingkat perempuan mengalami nyeri leher lebih banyak, dibandingkan pria.

"Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prevalensi nyeri leher antara pria (20,5%) dan wanita (21,5%). Namun, prevalensi kekakuan leher dan bahu secara signifikan lebih tinggi pada wanita (60,3%) dibandingkan pada pria (38,0%; P <0,05)," jelas penelitian itu, dilansir National Library Medicine, Jumat (14/7/2023).

5. Bisul lama sembuh

Bagi penderita kolesterol tinggi, perlu tahu salah satu tandanya memiliki bisul atau luka di bagian kaki yang lama sembuhnya. Jika diobati lebih awal, kondisi kaki dapat membaik tanpa menimbulkan komplikasi lebih lanjut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)