Benarkah Telur Sebabkan Kolesterol Naik? Cek Faktanya!

loading...
Benarkah Telur Sebabkan Kolesterol Naik? Cek Faktanya!
Benarkah Telur Sebabkan Kolesterol Naik? Cek Faktanya! Foto/Medical News Today.
JAKARTA - Telur secara alami tinggi kolesterol . Namun kolesterol dalam telur tidak meningkatkan kadar kolesterol seperti makanan yang mengandung kolesterol lainnya,yaknilemak trans dan lemak jenuh .

"Makanan yang biasanya dimakan orang dengan telur, seperti bacon, sosis, dan ham, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung daripada telur," kata Mayo Clinic.

Pakar kesehatan menyarankan makan kolesterol sesedikit mungkin. Disarankan bagi seseorang untuk menjaga asupannya di bawah 300 miligram sehari.

Dilansir dari Express, Jumat (11/6) satu telur besar memiliki sekitar 186 miligram kolesterol yang semuanya ditemukan dalam kuning telur.



Baca Juga : Para Pakar Ingatkan Pentingnya Konsumsi Susu Berkualitas untuk Cegah Stunting

Bagi mereka yang khawatir tentang kadar kolesterol dan konsumsi telur, disarankan konsumsi satu kuning telur dan sisanya dengan putih telur untuk memastikan kadar kolesterol tetap sehat.

Jauh lebih penting untuk membatasi jumlah lemak jenuh yang Anda makan. Pasalnya, terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

Dengan demikian, setiap orang bisa makan telur asalkan bagian dari diet sehat yang rendah lemak jenuh. Jika memiliki kolesterol tinggi, pastikan membatasi jumlah kolesterol yang Anda makan sekitar 300 miligram per hari.

“Makan tiga sampai empat telur seminggu seharusnya baik-baik saja, tetapi bicarakan dengan dokter atau ahli gizi Anda tentang apa yang terbaik untuk Anda," jelas Heart UK.

Baca Juga : Paparan Sinar Matahari Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top