3 Gejala Diabetes yang Tidak Disadari, Ini Saran Praktisi Kesehatan

Minggu, 16 Juli 2023 - 08:36 WIB
loading...
3 Gejala Diabetes yang Tidak Disadari, Ini Saran Praktisi Kesehatan
Gejala dibetes yang tidak disadari dapat berakibat buruk hingga menimbulkan kondisi serius pada kesehatan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes yang tidak disadari wajib diwaspadai. Sebab hal tersebut jika diabaikan dapat berakibat buruk hingga menimbulkan masalah kesehatan serius.

Diabetes yang kerap dijuluki ibu dari segala penyakit, merupakan gangguan kesehatan akibat kadar glukosa di dalam darah melonjak tinggi.

Hal itu terjadi ketika tubuh tidak mampu lagi menghasilkan atau memproduksi insulin sama sekali. Bahkan, insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas tak berfungsi efektif sehingga tak sanggup mengontrol kadar gula darah.

Seseorang dengan diagnosis diabetes mungkin banyak bertanya tentang bagaimana hal itu dapat berjalan seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menenangkan perasaan, aktivitas di tempat kerja, atau bahkan saat melakukan perjalanan.



Secara umum, diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh kita tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sedangkan pada tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang.

Sementara tipe gestasional umumnya dialami oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan. Di mana dari ketiga tipe diabetes ini glukosa tidak lagi dapat masuk ke sel di tubuh kita, sehingga menumpuk di dalam darah. Akhirnya lambat laun hal tersebut mengarah ke gejala diabetes.

Gejaja Diabetes yang Tidak Disadari

Praktisi Kesehatan dari Universitas Indonesia, dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM menjelaskan, ada tiga gejala diabates yang tidak disadari dan wajib diwaspadai

“Gejala-gejalanya disebut dengan 3P," kata dr. Jeffri dalam keterangannya yang dikutip, Minggu (16/7/2023).

Ia merinci gejala diabetes dengan 3P itu meliputi:

1. Polifagia

Banyak makan sehingga membuat penderitanya mudah lapar.

2. Polidipsia

Banyak minum membuat penderitanya mudah sekali haus.

3. Poliuria

Sering ke WC atau banyak buang air kecil.

"Gejala ketiga ini sering sekali terjadi oleh penderita diabetes, karena disebabkan adanya kebocoran dari urine. Jadi ada gula yang terlalu banyak sehingga turun dan akhirnya keluar di urine," terang dr. Jeffri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)