Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Simak Penjelasannya di Sini

Minggu, 16 Juli 2023 - 15:20 WIB
loading...
Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Simak Penjelasannya di Sini
Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Foto/Ilustrasi/The Spurce Eats
A A A
JAKARTA - Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap menjadi favorit masyarakat Indonesia. Salah satu kreasi sayur kangkung yang kerap disajikan adalah tumis kangkung .

Namun, di balik kelezatannya, tidak banyak yanh mengetahui apakah kangkung menyebabkan asam urat. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (16/7/2023).

Pada dasarnya, kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung purin. Namun, kadarnya masih dalam batas sedang, sehingga relatif aman dikonsumsi bagi penderita asam urat tinggi. Per 100 gram dari kangkung mengandung 9–100 miligram purin.

Makanan yang tergolong memiliki kadar purin tinggi yakni bila dalam 100 gramnya mengandung 100–1000 miligram purin. Misalnya otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, ekstrak daging/kaldu, bebek, ikan sarden, dan kerang.



Meski tergolong memiliki kadar purin yang sedang, kamu tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi kangkung.

Agar terhindar dari risiko asam urat, usai mengonsumsi kangkung, kamu disarankan untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak air putih serta variasi makanan sehat lain agar penyakit tetap terkontrol.

Selain itu, sebaiknya jangan lupa untuk menjaga pola diet yang baik. Untuk menurunkan kadar asam urat, kamu juga disarankan untuk memeriksakannya ke dokter untuk diberi obat jika diperlukan (misalnya obat untuk menurunkan asam urat atau mengatasi komplikasi yang ditimbulkannya).

Atau alternatifnya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu, kamu disarankan agar rajin berolahraga, jaga berat badan supaya ideal, tidak merokok, dan disiplinlah menerapkan pola hidup sehat di aktivitas keseharian.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)