5 Cara Menurunkan Darah Tinggi pada Ibu Hamil untuk Cegah Komplikasi

Minggu, 16 Juli 2023 - 19:30 WIB
loading...
5 Cara Menurunkan Darah Tinggi pada Ibu Hamil untuk Cegah Komplikasi
Penyakit darah tinggi dapat dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Penyakit darah tinggi dapat dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai faktor, mulai gaya hidup, pola makan hingga keturunan.

Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui cara menurunkan darah tinggi. Sebab jika dibiarkan, maka bisa menyebabkan komplikasi.

Berikut cara menurunkan darah tinggi pada ibu hamil, dilansir dari beberapa sumber, Minggu (16/7/2023).


1. Hindari Makanan Pemicu Darah Tinggi

Ibu hamil memang memiliki beberapa pantangan dalam mengonsumsi makanan. Salah satunya, makanan yang bisa menyebabkan hipertensi. Misalnya makanan yang mengandung banyak garam dan natrium, gula berlebih, kafein, dan makanan yang mengandung lemak trans.

2. Konsumsi Jus Penurun Darah Tinggi

Cara selanjutnya untuk menurunkan darah tinggi pada ibu hamil yakni dengan mengonsumsi jus penurun darah tinggi saat hamil. Beberapa bahan yang bisa dijus seperti sayuran hijau berupa bayam, selada dan brokoli. Kemudian buah seperti strawberry, blueberry, pisang, dan buah bit.

3. Mengonsumsi Omega-3

Ibu hamil yang mengalami darah tinggi juga disarankan mengonsumsi omega-3. Menurut American Pregnancy Association, asam omega-3 tak hanya dapat meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan, namun juga membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil.

Beberapa sumber omega-3 yang aman untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan. Misalnya ikan kembung dan ikan salmon, atau dari suplemen ibu hamil yang mengandung minyak ikan.


4. Konsumsi Obat Sesuai Anjuran Dokter

Cara selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi obat sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Jangan sembarangan minum obat, sebab ditakutkan bisa mempengaruhi janin.

Meski begitu, ibu hamil disarankan agar terus mengontrol dosis obat secara rutin. Jangan memulai ataupun berhenti minum obat tersebut tanpa saran dari dokter.

5. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga tak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil, namun juga membantu menjaga berat badan. Aktivitas fisik pada olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membakar lemak yang mengotori pembuluh darah.

Meski begitu, ibu hamil disarankan untuk menghindari olahraga berlebihan dan pilihlah kegiatan olahraga yang aman.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)