Minuman yang Menurunkan Gula Darah dalam 15 Menit untuk Penderita Diabetes

Rabu, 19 Juli 2023 - 07:05 WIB
loading...
Minuman yang Menurunkan Gula Darah dalam 15 Menit untuk Penderita Diabetes
Penderita diabetes wajib mengetahui minuman yang menurunkan gula darah dalam 15 menit. Menurut penelitian, jus delima lebih dari sekadar minuman menyegarkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes wajib mengetahui minuman yang bisa menurunkan gula darah dalam 15 menit. Menurut penelitian, jus delima lebih dari sekadar minuman yang menyegarkan dan enak tapi juga menyehatkan.

Kaya akan nutrisi dan antioksidan, buah delima bisa dijadikan sebagai minuman penurun gula darah untuk penderita diabetes . Hal ini terbukti dalam temuan yang diterbitkan dalam jurnal Current Developments in Nutrition.

Dilansir dari Express, Rabu (19/7/2023) tim peneliti melihat efek dari mengonsumsi 8 ons jus delima pada gula darah. Para ilmuwan merekrut 21 individu sehat, dengan berat badan normal untuk uji coba ini.

Mereka secara acak diminta mengonsumsi baik air, jus delima, atau minuman berbasis air yang cocok dengan kandungan gula jus delima. Para peserta melewati periode pencucian seminggu yang diikuti dengan mengonsumsi minuman lain yang belum pernah mereka minum sebelumnya.



Peneliti kemudian mengumpulkan gula darah puasa mereka sebelumnya, dan pada 15, 30, 60, 90, 120, 150 dan 180 menit setelah minum buah. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan kadar insulin serum puasa.

Sementara air tidak mempengaruhi kadar gula darah pada salah satu individu, jus delima membawa hasil yang berbeda. Mereka yang memiliki insulin serum puasa rendah mengalami penurunan gula darah signifikan dalam 15 menit setelah menikmati minuman itu.

Para peneliti menyimpulkan bahwa komponen dalam jus delima kemungkinan mengatur metabolisme gula darah. Salah satu bagian ampuh jus delima yang dapat menjelaskan manfaat ini adalah kandungan antioksidannya yang tinggi.

Delima tinggi antosianin yakni pigmen yang memberikan jus warna yang dalam dan mengandung antioksidan. Sementara itu, antioksidan mampu berikatan dengan gula dan mencegah efek besar pada kadar insulin.



Di sisi lain, gejala diabetes tidak selalu membuat Anda merasa tidak sehat. Namun, menurut NHS ada tanda-tanda diabetes yang harus diwaspadai meliputi:

1. Buang air kecil lebih dari biasanya (terutama di malam hari)
2. Merasa haus sepanjang waktu
3. Merasa sangat lelah
4. Penurunan berat badan yang tidak disengaja
5. Gatal di sekitar penis atau vagina Anda, atau berulang kali terkena sariawan
6. Luka sembuh perlahan
7. Penglihatan kabur
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2820 seconds (0.1#10.140)