5 Gejala Asam Urat pada Kaki, Salah Satunya Bengkak di Ibu Jari

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:49 WIB
loading...
5 Gejala Asam Urat pada Kaki, Salah Satunya Bengkak di Ibu Jari
Gejala asam urat pada kaki sangat beragam. Biasanya, gejala di bagian tubuh ini akan ditandai dengan bengkak, nyeri dan rasa panas yang sangat menyakitkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala asam urat pada kaki sangat beragam. Biasanya, gejala di bagian tubuh ini akan ditandai dengan bengkak, nyeri dan rasa panas yang sangat menyakitkan.

Jika tidak ditangani dengan tepat, gejala asam urat pada kaki berisiko menghambat aktivitas, karena Anda menjadi sulit berjalan. Asam urat sendiri merupakan radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Gejala asam urat bisa datang dan pergi, tetapi ada cara untuk mengelola gejala dan mencegah kambuh.

Gejala Asam Urat pada Kaki



Berikut gejala asam urat pada kaki dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (19/7/2023).



1. Sakit di Ibu Jari


Gejala asam urat di kaki yang paling umum terjadi rasa sakit di bagian ibu jari. Rasa sakit yang dirasakan bisa sangat menyakitkan dan bertahan mulai dari hitungan jam hingga hari.

Semua tergantung pada seberapa serius penyakit asam urat yang diderita. Hal ini bisa terjadi akibat hiperurisemia yang terbentuk oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi.

2. Bengkak


Ibu jari kaki adalah bagian yang menyimpan banyak asam urat. Karena itu, asam urat sering menyerang ibu jari kaki dan menyebabkan bengkak saat kadar asam urat tinggi.

Hal ini bisa terjadi baik pada kaki kiri atau pun kaki kanan. Pembengkakan ini bisa meluas ke betis, bahkan ke lutut. Jika sudah seperti ini, area yang bengkak akan terasa sakit saat disentuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2978 seconds (0.1#10.140)