Asam Urat Tinggi, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kerusakan Ginjal

Rabu, 19 Juli 2023 - 09:40 WIB
loading...
Asam Urat Tinggi, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kerusakan Ginjal
Asam urat yang tinggi dapat menumpuk di sekitar persendian yang menyebabkan rasa sakit, kaku. Kondisi ini juga dapat memengaruhi jantung, ginjal, dan organ. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Asam urat yang tinggi dapat menumpuk di sekitar persendian yang menyebabkan rasa sakit, kaku, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini juga dapat memengaruhi jantung, ginjal, dan organ penting lainnya pada akhirnya.

Peningkatan kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang menakutkan seperti kerusakan tulang dan sendi, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Asam urat adalah produk sampingan dari purin, zat alami dalam tubuh, yang biasanya keluar dari tubuh melalui urine.

Masalahnya dimulai ketika ginjal tidak mampu membantu mengeluarkan asam urat atau tubuh membuat terlalu banyak asam urat. Salah satu cara menurunkan kadar asam urat adalah dengan berhati-hati dengan apa yang Anda makan. Makanan tertentu tinggi purin dan harus dihindari.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat Tinggi



Penderita asam urat juga harus berhati-hati saat mengonsumsi buah dan sayuran karena fruktosa yang ditemukan di dalamnya dapat merangsang produksi asam urat dalam darah. Berikut makanan yang harus dihindari penderita asam urat dilansir dari Hindustan Times, Rabu (19/7/2023).



1. Kismis

Asam Urat Tinggi, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kerusakan Ginjal

Foto/Getty Images

Kismis terbuat dari buah anggur yang mengandung purin. Mengkonsumsi makanan kaya purin dapat meningkatkan masalah asam urat lebih banyak lagi dan juga meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Buah-buahan kering ini harus dihindari sepenuhnya oleh orang yang menderita asam urat.

2. Asam

Asam Urat Tinggi, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kerusakan Ginjal

Foto/Getty Images

Meskipun ampas asam memiliki manfaat kesehatan lainnya, namun tidak disarankan untuk orang yang menderita asam urat tinggi. Jumlah fruktosa merangsang produksi asam urat yang menyebabkan konsekuensi yang lebih buruk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)