10 Camilan Rendah Kolesterol, Sehat dan Bisa Jaga Berat Badan

Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:50 WIB
loading...
10 Camilan Rendah Kolesterol, Sehat dan Bisa Jaga Berat Badan
Camilan rendah kolesterol ini bisa menjadi rekomendasi untuk menjaga asupan lemak dalam tubuh supaya tidak berlebihan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sepuluh camilan rendah kolesterol ini bisa menjadi rekomendasi untuk menjaga asupan lemak dalam tubuh supaya tidak berlebihan. Camilan ini juga bagus untuk orang yang ingin diet atau menurunkan berat badan.

Menurut jurnal Pengaruh Pola Makan Terhadap Kadar Kolesterol Total, sering mengonsumsi makanan tinggi lemak menjadi penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol total dalam darah. Hasil penelitian menunjukkan, kadar kolesterol akan berkurang seiring dengan rendahnya asupan makanan berlemak.

Karena itu, orang-orang yang punya kadar kolesterol tinggi harus lebih memilih makanan yang dikonsumsi. Termasuk camilan, meskipun makanan ringan ini terbilang jarang dikonsumsi.


10 Camilan Rendah Kolesterol

Berikut sepuluh camilan rendah kolesterol yang juga baik untuk menurunkan berat badan karena rendah lemak jenuh.

1. Buah-Buahan

Buah menjadi makanan yang akan selalu aman dikonsumsi oleh orang yang punya kadar kolesterol tinggi. Sebut saja apel, strawberry, anggur, kiwi, dan jeruk yang mengandung pektin, sejenis serat yang dapat menurunkan kadar LDL.

Tak hanya dapat menurunkan kolesterol, buah ini juga memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh, serta kalium yang mampu membantu mengendalikan tekanan darah.

2. Roti Gandum

10 Camilan Rendah Kolesterol, Sehat dan Bisa Jaga Berat Badan

Foto/iStock

Menurut Kristi King, RDN, MPH, ahli gizi asal Houston dalam laman Everyday Health, roti gandum utuh memiliki kandungan serat dan protein yang bagus untuk menjaga stabilitas kolesterol dalam tubuh.

Selain menjaga supaya kadar kolesterol tidak melonjak, roti gandum juga bagus untuk pencernaan karena memiliki sekitar dua gram protein dan serat.


3. Sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga menjadi makanan yang perlu dikonsumsi oleh para penderita kolesterol lantaran hampir semua jenis sayuran tidak memiliki lemak jenuh.

Selain rendah lemak, sayuran juga kaya akan natrium dan kalori yang bagus untuk kesehatan jantung. Salad menjadi camilan sayur yang cukup populer untuk diet.

4. Kacang Almond

Menurut laman Kemenkes, kacang almond memang memiliki lemak tinggi, namun jenisnya itu lemak tak jenuh. Jenis lemak ini tidak meningkatkan risiko penumpukan lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat.

Sebaliknya, lemak tak jenuh justru dapat memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh karena meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kacang ini juga mengandung vitamin E yang bagus untuk mengisi plasma sel darah merah supaya dapat menurunkan kolesterol.

5. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi salah satu camilan rendah kolesterol sebab kaya akan serat. Kandungan inilah yang mampu memicu produksi asam empedu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Keripik Kentang

Keripik kentang ini bukan varian yang dapat dibeli di supermarket, melainkan dibuat sendiri. Karena kebanyakan keripik yang dijual di pasaran memiliki kandungan garam dan lemak yang cukup tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)