5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Obati Flu hingga Cegah Kanker

Sabtu, 22 Juli 2023 - 19:20 WIB
loading...
5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Obati Flu hingga Cegah Kanker
Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh diantaranya ampuh mengobati flu dan mencegah kanker. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh ternyata cukup banyak yang terduga. Pasalnya, tanaman herbal ini memiliki kandungan yang luar biasa sehingga dipercaya ampuh mengobati beragam penyakit ringan dan berat sekalipun.

Sebagaimana diketahui kunyit merupkan bagian tak tergantikan yang dijadikan banyak orang untuk memasak. Ini memberi hidangan warna cerah yang membuatnya menarik secara visual.

Kunyit dikenal karena manfaat kesehatan dan khasiat obatnya yang tak terhitung jumlahnya. Bahan dapur ini mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang tidak hanya bertanggung jawab atas warna kuning cerah kunyit tetapi juga sifat antioksidannya.

Manfaat kunyit tidak hanya terbatas pada dapur. Sebagaimana dilansir Times of India, berikut adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan.

5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Flu

Dengan sifat antiinflamasi, antimikroba dan antivirus, kunyit adalah bahan kuat yang membantu dalam pengobatan flu.



Campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 cangkir susu panas, tambahkan dua sejumput lada hitam dan minum sebelum tidur di malam hari.

Dalam dua hari, Anda akan melihat flu Anda membaik. Ramuan ini juga mengobati batuk, pilek dan tenggorokan gatal.

2. Mengobati Luka

Kunyit dikenal karena khasiat penyembuhannya dan merupakan obat untuk mendisinfeksi dan mengobati luka.

Pertama, bersihkan luka dengan lembut dengan sabun dan air. Sekarang keringkan area tersebut dan taburkan sedikit kunyit di atasnya.

Tutupi luka dengan plester atau perban. Menggunakan kunyit tidak hanya akan mencegah infeksi tetapi juga akan mengobati luka.

3. Atasi Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Apabila Anda cukup sering menderita ketombe, maka berikut adalah cara alami untuk mengobatinya. Ketombe merupakan masalah medis yang harus ditangani tepat waktu agar tidak semakin parah. Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan cukup sulit diatur.

Untuk mengobatinya, cukup campurkan 1 sdm kunyit dengan 4 sdm minyak zaitun dan oleskan campuran ini pada kulit kepala Anda, terutama untuk menutupi akarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)