Menguap Berlebihan Bisa Jadi karena 5 Penyakit Ini, Nomor 4 Mematikan

Minggu, 23 Juli 2023 - 20:25 WIB
loading...
Menguap Berlebihan Bisa Jadi karena 5 Penyakit Ini, Nomor 4 Mematikan
Menguap berlebihan bisa menjadi gejala penyakit tertentu yang harus diwaspadai. Menguap sendiri merupakan gejala umum saat seseorang mengalami kelelahan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Menguap berlebihan bisa menjadi gejala penyakit tertentu yang harus diwaspadai. Menguap sendiri merupakan gejala umum saat seseorang mengalami kelelahan atau merasa bosan.

Menguap dikaitkan dengan beberapa hormon yang dilepaskan yang secara singkat meningkatkan detak jantung dan kewaspadaan. Jadi menguap saat lelah atau bosan adalah upaya tubuh untuk membuat tetap waspada dan terjaga.

Sebagian besar waktu, menguap sangat normal. Namun, reaksi tubuh sederhana ini dapat menandakan beberapa masalah kesehatan, jika Anda menguap berlebihan yakni lebih dari tiga kali dalam periode 15 menit.

Menguap Berlebihan Bisa Jadi karena 5 Penyakit Ini



Berikut penyakit di balik menguap berlebihan dilansir dari Times of India, Minggu (23/7/2023).



1. Sleep Apnea dan Insomnia


Kurang tidur adalah salah satu faktor paling umum di balik menguap berlebihan. Namun, hal ini dapat terjadi karena kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti sleep apnea atau insomnia.

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti. Jika Anda mendengkur keras dan merasa lelah bahkan setelah tidur malam penuh, Anda mungkin mengalami sleep apnea.

Dengan insomnia, Anda mengalami kesulitan tidur, tetap tidur, atau mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kondisi ini terjadi bahkan jika Anda memiliki waktu dan lingkungan yang tepat untuk tidur nyenyak.

2. Obat-obatan


Menguap berlebihan dapat disebabkan oleh obat tertentu yang Anda minum. Antipsikotik atau antidepresan tertentu dapat menyebabkan menguap berlebihan sebagai efek samping.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3258 seconds (0.1#10.140)