3 Makanan Penurun Kolesterol Jahat yang Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Minggu, 23 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
3 Makanan Penurun Kolesterol Jahat yang Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Makanan penurun kolesterol jahat bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dalama arteri dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan penurun kolesterol jahat bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dalama arteri dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Untungnya ada tiga makanan penurun kolesterol jahat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Murah dan sederhana, makanan ini cocok untuk berbagai resep dan hidangan, seperti roti bakar.

Dilansir dari Express, Minggu (23/7/2023) dikemas dengan serat, protein, dan lemak sehat, makanan ini menyajikan lebih dari sekadar makanan yang enak.

Buncis, kacang polong, dan lentil dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Alasan mengapa ketiga makanan ini bisa menurunkan kolesterol karena kandungan seratnya.



Heart UK mengatakan bahwa beberapa jenis serat dapat membantu menurunkan zat lemak dalam darah. Ini menghalangi kolesterol agar tidak diserap dari usus ke dalam aliran darah. Buncis, kacang polong, dan lentil sangat tinggi dalam jenis serat ini.

Namun, Heart UK bukan satu-satunya yang menyoroti efek dari makan tersebut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, menemukan bahwa diet berbasis denyut nadi menurunkan kolesterol total 8,3 persen.

Studi ini mengamati 108 orang berusia 50 tahun atau lebih. Di mana tim peneliti menyajikan dua porsi makanan berbasis nadi kepada para peserta atau menginstruksikan untuk mengikuti diet rutin mereka selama dua bulan.

Regimen ini diikuti dengan periode pembersihan selama sebulan, setelah itu setiap kelompok beralih ke diet lain selama dua bulan. Studi tersebut mengamati kacang, buncis, kacang polong dan lentil. Hasilnya, semuanya memberikan efek penurunan kolesterol.



Terlebih lagi, diet ini tidak hanya menurunkan kadar kolesterol tetapi juga dapat memangkas risiko penyakit jantung. Karena kolesterol tinggi adalah salah satu cikal bakal penyakit jantung, menjaga zat lemak tetap terkendali juga memiliki efek positif pada jantung Anda.

Sementara itu, The British Heart Foundation menjelaskan bahwa hanya satu porsi kacang-kacangan menyediakan sekitar sepertiga dari serat yang Anda butuhkan sepanjang hari. Ini berarti dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan kanker usus.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3869 seconds (0.1#10.140)