10 Olahraga Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi, Cukup Lakukan 5 Menit Sehari

Sabtu, 22 Juli 2023 - 09:30 WIB
loading...
10 Olahraga Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi, Cukup Lakukan 5 Menit Sehari
Olahraga penurun kolesterol dan darah tinggi mudah dilakukan di rumah. Olahraga terbukti efektif mengurangi kadar kolesterol yang naik dan darah tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Olahraga penurun kolesterol dan darah tinggi mudah dilakukan di rumah. Sejumlah penelitian membuktikan olahraga ini terbukti efektif dalam mengurangi kadar kolesterol yang naik dan darah tinggi penyebab masalah kesehatan serius.

American Heart Association menyarankan orang dengan tekanan darah tinggi ringan hingga sedang dan kolesterol tinggi dapat menurunkannya dengan olahraga . Ada banyak cara untuk olahraga menyenangkan tanpa harus berkomitmen untuk berolahraga dalam waktu lama.

“Hanya berolahraga lima hingga 10 menit sehari adalah investasi waktu yang sangat kecil yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar," kata Dana Santas selaku ahli kebugaran dan kekuatan.

Olahraga Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi



Berikut olahraga penurun kolesterol dan tekanan darah tinggi dilansir dari CNN, Sabtu (22/7/2023).



1. Squat dan Push-up


Squat dan push-up bisa dilakukan sambil melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya, melakukan 50 kali squat sambil sikat gigi atau melakukan 10 kali push-up tepat sebelum mandi.

2. Berjalan


Orang dewasa yang lebih tua atau lansia yang menjalani gaya hidup yang lebih banyak duduk dapat mencoba berjalan selama beberapa menit setiap jam. Ini juga termasuk ke dalam olahraga yang mudah dan menyenangkan.

3. Box Squat


Salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan lainnya adalah box squat. Di mana Anda duduk sampai pantat hampir tidak menyentuh dudukan kursi, lalu berdiri kembali. Olahraga ini dapat diulangi selama satu hingga dua menit.

4. Dansa


Olahraga yang menyenangkan lainnya namun ampuh untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi adalah dansa atau menari. Lebih baik lagi, jika memutar lagu favorit dan ajak teman atau anggota keluarga untuk berdansa dan berbagi manfaat kesehatannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2479 seconds (0.1#10.140)