Kapal Pinisi Kenzo Siap Beroperasi di Danau Toba, Sandiaga Uno: CHSE-nya Harus Bersertifikasi

Senin, 24 Juli 2023 - 22:10 WIB
loading...
Kapal Pinisi Kenzo Siap Beroperasi di Danau Toba, Sandiaga Uno: CHSE-nya Harus Bersertifikasi
Sandiaga Uno menyambut baik kehadiran Kapal Pinisi Kenzo di Danau Toba, Sumatera Utara, yang direncanakan beroperasi pada Agustus 2023. Foto/MPI/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut baik kehadiran Kapal Pinisi Kenzo di Danau Toba, Sumatera Utara, yang direncanakan beroperasi pada Agustus 2023.

"Tentu kami menyambut secara positif, karena ini pertama kali ada di Danau Toba dan menjadi tambahan fasilitas akomodasi," katanya seusai Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (24/7/2023).

"Apalagi bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi live on board atau tinggal di kapal seperti di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, untuk menghabiskan masa liburan. Seperti kita temui di Labuan Bajo yang jumlahnya sudah ratusan, juga di Bali dan beberapa destinasi lain," tambahnya.



Kehadiran kapal pinisi sebagai mobilitas wisata di Danau Toba diharapkan dapat memberi rasa aman dan kenyamanan wisatawan saat mengelilingi danau.

Selain itu, kata Sandiaga, hadirnya kapal ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu wilayah yang memiliki destinasi wisata di atas air.

Tetap Jaga Aspek Keselamatan

Sandiaga mengungkapkan, kapal pinisi satu ini berbeda dengan di kawasan lain karena letaknya berada di dataran tinggi. Hal inilah yang akan menjadi perhatian khusus, mengingat aspek keselamatan yakni CHSE yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

"Tapi sekali lagi, kita harus bekerja sama dengan seluruh lintas dan dinas terkait agar aspek keselamatan dijaga. CHSE-nya sedang dipastikan, sebelum Agustus mereka beroperasi. CHSE-nya harus bersertifikasi," kata Sandiaga.

Perbedaan dengan Kapal Pinisi Lain

Sandiaga mengakui bahwa keberadaan kapal pinisi di Danau Toba memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Maka, ia mengimbau ada teknologi khusus sehingga mengimbanginya, mengingat letaknya ada di dataran tinggi atau pegunungan yang mana kondisi cuacanya akan berbeda.

Sandiaga menyebut, kapal pinisi di Danau Toba didesain secara khusus. Salah satunya memiliki penyeimbang, seperti yang ada di kapal nelayan. Sehingga nantinya kapal dapat berjalan dengan baik, serta membuat para penumpang merasa nyaman.



"Biasanya di laut lebih ringan. Ini ada di dataran tinggi, (mungkin) lebih berat. Makannya harus ada tambahan kearifan dan teknologi untuk saling memastikan supaya tidak ada guncangan," terangnya.

Kapal Pinisi Kenzo Punya Banyak Fasilitas

Kapal Pinisi Kenzo memiliki berbagai fasilitas seperti empat kamar tidur yang dilengkapi toilet di dalamnya. Terdapat pula dua toilet di luar kamar dan bar yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk memesan makanan dan minuman.

Karena itu Sandiaga berharap, kehadiran kapal pinisi ini bisa semakin menarik jumlah wisatawan baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara (wisman).
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)