Ikan Jenis Ini Bisa Menyebabkan Kanker Kulit, Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Selasa, 25 Juli 2023 - 07:43 WIB
loading...
A
A
A
Mereka juga mencoba mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi risiko seseorang terkena melanoma. Seperti indeks massa tubuh, tingkat aktivitas fisik, merokok, riwayat keluarga kanker, asupan alkohol dan kalori, dan tingkat radiasi ultraviolet (UV) lokal rata-rata peserta.
Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan jumlah ikan tertinggi per hari rata-rata (42,8 gram) memiliki risiko melanoma ganas 22 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan harian rata-rata terendah (3,2 gram).
Baca Juga: Awas! Ikan Asin Bisa Menyebabkan Kanker, Ini Penjelasannya
Mereka juga memiliki risiko 28 persen lebih tinggi terkena sel abnormal hanya di lapisan luar kulit atau melanoma in situ. Peserta dalam penelitian yang makan 14,2 gram tuna per hari rata-rata memiliki risiko melanoma ganas 20 persen lebih tinggi dan risiko melanoma in situ 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan rata-rata 0,3 gram per hari.
Bagi mereka yang makan rata-rata 17,8 gram per hari ikan yang tidak digoreng, risiko melanoma ganas adalah 18 persen lebih tinggi daripada mereka yang makan 0,3 gram per hari. Risiko melanoma in situ mereka juga 25 persen lebih tinggi. Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi ikan goreng dan risiko kedua jenis melanoma.
Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan jumlah ikan tertinggi per hari rata-rata (42,8 gram) memiliki risiko melanoma ganas 22 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan harian rata-rata terendah (3,2 gram).
Baca Juga: Awas! Ikan Asin Bisa Menyebabkan Kanker, Ini Penjelasannya
Mereka juga memiliki risiko 28 persen lebih tinggi terkena sel abnormal hanya di lapisan luar kulit atau melanoma in situ. Peserta dalam penelitian yang makan 14,2 gram tuna per hari rata-rata memiliki risiko melanoma ganas 20 persen lebih tinggi dan risiko melanoma in situ 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan rata-rata 0,3 gram per hari.
Bagi mereka yang makan rata-rata 17,8 gram per hari ikan yang tidak digoreng, risiko melanoma ganas adalah 18 persen lebih tinggi daripada mereka yang makan 0,3 gram per hari. Risiko melanoma in situ mereka juga 25 persen lebih tinggi. Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi ikan goreng dan risiko kedua jenis melanoma.
(dra)
Lihat Juga :