Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Naik dengan Cepat, Penderita Diabetes Wajib Hindari

Selasa, 25 Juli 2023 - 09:40 WIB
loading...
Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Naik dengan Cepat, Penderita Diabetes Wajib Hindari
Banyak minuman yang bisa menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Meski menyehatkan, penderita diabetes wajib menghindarinya untuk menjaga kadar gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak minuman yang bisa menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Meski minuman ini terkenal menyehatkan, namun penderita diabetes wajib menghindarinya untuk menjaga kadar gula darah.

Gula darah tinggi adalah ciri khas diabetes tipe 2 , yang dapat menyebabkan gejala seperti rasa haus dan lapar yang meningkat. Beberapa minuman yang dikenal menyehatkan dapat menghambat pengelolaan diabetes Anda.

“Tidak perlu dikatakan bahwa minuman manis menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat," kata Dr Fernando dilansir dari Express, Selasa (25/7/2023).

Jus buah misalnya yang dianggap sehat oleh sebagian orang, ternyata meningkatkan gula darah tinggi. Meskipun jus buah sering dipromosikan sebagai minuman sehat, penting untuk memperhatikan dampak jus buah terhadap kadar gula darah.



“Jus buah dengan gula tambahan jelas tidak sehat. Tetapi bahkan yang tidak memiliki dampak sedang pada kadar gula darah karena mengandung fruktosa, gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan,” jelasnya.

Saat buah dijus atau diproses, kandungan seratnya berkurang dan gula menjadi lebih pekat. Ini artinya bisa menyebabkan peningkatan kadar gula dengan cepat. Waspadai juga teh dan kopi manis, serta minuman olahraga.

“Karena semuanya memungkinkan penyerapan gula dengan cepat ke dalam aliran darah melalui sistem pencernaan,” ujarnya.

Jika Anda ingin menghindari lonjakan gula darah tetapi menikmati minuman beraroma, cobalah menambahkan air dengan beberapa tetes jus buah, atau mengencerkan sedikit jus buah dengan banyak air.



“Jika ini terlalu sulit dilakukan, Anda dapat menyapih diri sendiri dengan mengencerkan lebih banyak secara bertahap,” sarannya.

“Mulailah dengan 50 persen jus dan 50 persen air, dan turunkan menjadi hanya beberapa tetes dari waktu ke waktu,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)