Apakah Gatal pada Kaki Menandakan Diabetes? Ini Penjelasannya

Rabu, 26 Juli 2023 - 22:30 WIB
loading...
Apakah Gatal pada Kaki Menandakan Diabetes? Ini Penjelasannya
Diabetes kerap menimbulkan berbagai gejala yang dapat dirasakan. Salah satunya, yakni rasa gatal pada kaki. Namun, apakah ini memang menandakan diabetes? Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Diabetes kerap menimbulkan berbagai gejala yang dapat dirasakan. Salah satunya, yakni rasa gatal pada kaki. Namun, apakah ini memang menandakan diabetes?

Sebaiknya, Anda perlu memahami perbedaan gatal biasa dengan yang disebabkan oleh diabetes agar bisa menentukan perawatan yang tepat.

Pada dasarnya, kulit merupakan bagian tubuh yang turut rentan terkena masalah karena diabetes. Bahkan, American Diabetes Association menyebutkan bahwa masalah kulit sering kali menjadi tanda awal diabetes.

Berbagai masalah kulit memang bisa saja dialami oleh siapapun. Namun, risiko masalah kulit gatal, terutama di bagian kaki, memang sangat besar terjadi pada penderita diabetes.



Umumnya, gejala diabetes akan ditandai dengan rasa haus yang berlebihan, yang disertai dengan sering buang air kecil. Selain itu, rasa gatal tak tertahankan di bagian kaki atau bagian tubuh lain.

Dirangkum dari beragai sumber, Rabu (26/7/2023) penyebab rasa gatal ini sendiri merupakan sebuah respons dari tubuh terhadap kadar gula dalam darah yang melonjak.

Selain itu, frekuensi buang air kecil yang meningkat pada penderita diabetes merupakan respons tubuh ketika berusaha untuk menghilangkan kelebihan glukosa dalam darah. Frekuensi buang air kecil yang meningkat otomatis membuat tubuh akan kehilangan banyak cairan.

Kondisi tersebut yang menjadi pemicu kulit kering. Sehingga muncul rasa gatal yang berlebihan, salah satunya di bagian kaki.



Meski gatal yang dirasakan di kulit kaki tidak melulu berarti diabetes, Anda perlu mengetahui perbedaan gatal biasa dengan diabetes sendiri yang terletak pada penyebabnya. Di mana gatal biasa akan terjadi karena adanya infeksi virus, jamur, atau bakteri.

Sedangkan gatal karena diabetes berasal dari pembuluh darah, sehingga pada banyak kasus, rasa gatal pada pengidap diabetes dapat menyebabkan luka. Sayangnya, kedua kondisi tersebut akan sangat sulit dibedakan secara kasat mata.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)